Jumat, 26 April 2024

AS Klaim Tembak Jatuh Pesawat Nirawak China

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sebuah balon terbang di langit di atas Billings, Montana, AS, pada 1 Februari 2023 dalam gambar yang diperoleh dari media sosial. Foto: Antara

Amerika Serikat (AS) mengklaim menembak jatuh pesawat nirawak China yang terlihat di atas wilayah udara AS, di lepas pantai South Carolina, Sabtu (4/2/2023).

Kejadian itu waktu AS sedang melakukan operasi mengumpulkan puing-puing pesawat nirawak di Samudra Atlantik.

Lloyd Austin Menteri Pertahanan AS mengatakan, keputusan dibuat berdasarkan arahan dari Joe Biden Presiden AS. Biden memberikan otorisasi untuk menjatuhkan pesawat nirawak segera setelah misi dapat diselesaikan, tanpa risiko membahayakan nyawa Warga AS yang berada di jalur pesawat tanpa pilot itu.

“Pesawat tempur AS yang ditugaskan ke Komando Utara AS berhasil menjatuhkan balon pengintaian tinggi yang diluncurkan oleh Republik Rakyat China (RRC),” kata Austin dalam sebuah pernyataan, mengutip Antara, Minggu (5/2/2023).

“Balon tersebut, yang digunakan oleh RRC dalam upaya mengawasi situs strategis di daratan AS, ditembak jatuh di wilayah perairan AS,” lanjutnya.

Langkah itu dilakukan setelah Biden mengatakan bahwa pemerintahannya “akan mengurus balon” tersebut.

Penampakan balon udara telah memicu ketegangan diplomatik, dengan Washington yang mengatakan China melanggar kedaulatannya. Sementara, Beijing menyebut itu “penerobosan yang tidak disengaja oleh pesawat udara sipil yang digunakan untuk penelitian.”

Antony Blinken Menteri Luar Negeri AS mengumumkan menunda rencana kunjungannya ke China menyusul tindakan yang dinilainya tidak bertanggung jawab.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs