Minggu, 26 Mei 2024

ASEAN Panji Festival 2023 di Jawa Timur Akan Hadirkan Pertunjukan Kolaborasi 9 Negara

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur bersama delegasi negara peserta ASEAN Panji Festival saat Gala Dinner di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, pada Selasa (17/10/2023). Foto: Yudha Suara Surabaya Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur bersama delegasi negara peserta ASEAN Panji Festival saat Gala Dinner di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, pada Selasa (17/10/2023). Foto: Yudha Suara Surabaya

Provinsi Jawa Timur sebagai tempat lahirnya sastra panji, menyelenggarakan ASEAN Panji Festival pada tanggal 14-23 Oktober 2023.

Acara yang melibatkan delegasi 9 negara ASEAN ini merupakan hasil kolaborasi Kementerian Pedidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Kediri, dan Pemerintah Kota Malang.

Hudiyono Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur mengatakan, ASEAN Panji Festival 2023 diselenggarakan untuk mempromosikan warisan budaya Panji (Inao) yang dimiliki bersama oleh negara anggota ASEAN. Khususnya bagi Jawa Timur sebagai tempat lahirnya Budaya Panji (Inao).

“Budaya Panji telah menjadi bagian dalam khazanah cagar budaya di Jawa Timur,” ujar Hudiyono saat ditemu di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya pada Selasa (17/10/2023).

Hudiyono Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur saat Gala Dinner di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, pada Selasa (17/10/2023). Foto: Yudha Suara Surabaya
Hudiyono Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur saat Gala Dinner di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, pada Selasa (17/10/2023). Foto: Yudha Suara Surabaya

Dia menjelaskan, tokoh Panji dipahatkan dalam beberapa peninggalan purbakala di Jawa Timur antara lain pada relief Gambyok, Arca dan relief Candi Selokelir, relief Candi Penataran, relief Candi Mirigambar, relief Candi Menakjinggo.

Pada aspek bukan benda (intangible), Cerita Panji menjadi inspirasi dalam berbagai ragam kesenian di Jawa Timur antara lain terdapat dalam kesenian Wayang Beber (Pacitan), Wayang Topeng (Malang), Wayang Thengul (Bojonegoro), Wayang Klithik (Kediri), Penthul Tembem (Madiun), Jaranan (Tulungagung, Trenggalek), Topeng Dalang (Sumenep), Damar Kurung.

Sastra Panji juga sudah ditetapkan sebagai Memory of the World (MoW) oleh UNESCO pada 31 Oktober 2017.

“Budaya Panji merupakan karya adiluhung bangsa yang diwariskan dari generasi ke generasi agar tetap dilestarikan. Budaya Panji menjadi jembatan untuk mengetahui dan mempelajari nilai-nilai luhur nenek moyang kita untuk menyongsong masa depan yang lebih baik,” tutur Hudiyono.

Adapun rangkaian kegiatan ASEAN Panji Festival 2023 di Jawa Timur yaitu :

  1. Jelajah Jejak Panji di Jawa Timur
    Representasi Cerita Panji juga tampak dari berbagai peninggalan cagar budaya yang tersebar di berbagai wilayah Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan peninggalan cagar budaya di Jawa Timur. Jelajah Jejak Panji di Jawa Timur oleh Peserta yang berasal dari 9 negara Asean dilaksanakan tanggal 17 Oktober 2023 di Candi Penataran Kabupaten Blitar dan Museum Mpu Tantular Kabupaten Sidoarjo.
  2. Seminar Internasional
    Dilaksanakan tanggal 18 Oktober 2023 bertempat di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).
  3. Pertunjukan Kolaborasi
    Dilaksanakan di GOR Jayabaya Kota Kediri pada tanggal 16 Oktober 2023, Halaman Balai Kota Malang pada tanggal 21 Oktober 2023, dan Taman Chandra Wilwatikta pada tanggal 22 Oktober.
  4. Pameran Panji dalam perspektif Sejarah dan Purbakala
    Bertempat di Taman Chandra Wilwatikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan pada tanggal 22-23 Oktober 2023. Kegiatan ini akan memamerkan berbagai koleksi sejarah dan purbakala yang terkait dengan Budaya Panji dari berbagai museum di Jawa Timur. Juga akan dipamerkan berbagai karya seni dan karya kreatif yang terinspirasi dari Cerita Panji oleh beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Jawa Timur.
  5. Malam Puncak Asean Panji Festival 2023 di Jawa Timur
    Menampilkan karya kolaboratif dari 9 negara Asean yang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 22 Oktober 2023 mulai pukul 19.00 WIB di Amphitheter Taman Chandra Wilwatikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Perlu diketahui, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar ASEAN Panji Festival 2023 pada 7-28 Oktober 2023.

Festival ini akan diikuti oleh 9 negara ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Perwakilan negara-negara Asia Tenggara menampilkan kolaborasi pertunjukan Cerita Panji yang digelar di 5 kota, yakni di Yogyakarta, Kediri, Pasuruan, Malang, dan Solo.

Festival ini merupakan upaya membuka wawasan cerita Panji sebagai warisan budaya asli nusantara yang telah mendunia.(iss)

 

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
27o
Kurs