Sabtu, 27 April 2024

Aspal Jalan Pasar Kembang Surabaya Meledak, Imbas Penanaman Pipa Baru PDAM

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Perbaikan jalan aspal di Jalan Pasar Kembang, Kota Surabaya, Jawa Timur yang meledak imbas penanaman pipa baru PDAM di bawah Flyover Diponegoro pada Selasa (1/8/2023). Foto: Frans Magang suarasurabaya.net

Jalan aspal di Jalan Pasar Kembang, Kota Surabaya, Jawa Timur meledak imbas penanaman pipa baru PDAM di bawah Flyover Diponegoro pada Selasa (1/8/2023) sekitar pukul 05.30 WIB.

Arief Wisnu Cahyono Direktur Utama PDAM Surya Sembada memohon maaf kepada pengguna jalan di Kota Surabaya atas kejadian tersebut.

“Ini kejadian yang tidak kami rencanakan, tapi kami berupaya secepat mungkin untuk mengatasi, melakukan rekondisi seperti sediakala,” kata Arief kepada Radio Suara Surabaya, Selasa pagi.

Arief memastikan petugas PDAM Surya Sembada yang di lokasi akan mengembalikan kondisi jalanan tersebut sebelum pukul 22.00 WIB.

“Harus sudah selesai, jadi sudah tidak ada alat berat, sudah teraspal lagi bekasnya itu, dan sudah seperti sediakala. Kira-kira sebelum jam sepuluh malam. Besok pagi sudah kembali seperti sediakala,” kata Arief.

Dia menjelaskan, pekerjaan rehabilitasi pipa sepanjang 150 kilometer tersebut sudah dilaksanakan sejak dua minggu lalu.

“Pekerjaan ini sudah direncanakan sejak lama karena di bawah flyover itu ada pipa yang usianya sudah tua dan sebetulnya ada kebocoran di situ. Baru bisa kami realisasikan tahun ini karena faktor kesulitan dan sebagainya,” kata dia.

Penanaman pipa dilakukan menggunakan teknik pengeboran atau drilling, tidak menggunakan galian terbuka. Pipa yang lama dibiarkan, tidak diangkat, tapi pipa yang baru ditanam dengan cara ditarik dengan mesin. Setelah pipa baru tertanam, tanah di atas pipa akan dipadatkan.

“Kami sudah berupaya melakukan mitigasi supaya jalanan tidak terlalu macet dan cepat. Tapi kemudian dalam pelaksanaannya, karena memang pada saat pipa baru itu ditarik, kami tidak tahu kondisi di bawah tanah, sehingga itu seolah-olah seperti meledak. Semua tanahnya terangkat,” ujarnya.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs