Jumat, 10 Mei 2024

Atasi Banjir, Pemkab Sidoarjo Akan Menambah Pompa Portable di Sejumlah Titik

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Gus Muhdlor Bupati Sidoarjo saat sidak di rumah pompa Kecamatan Tanggulangin, Senin (13/2/2023). Foto: sidoarjokab.go.id

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo mengatakan, akan menambah sebanyak 10 sampai 20 unit pompa air portable yang disebar di beberapa titik untuk mengantisipasi banjir. Penambahan pompa air itu diharapkannya akan mempercepat surutnya air.

“PUBMSDA (Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo) saya arahkan untuk memaksimalkan semua pompa air yang ada, termasuk memesan lagi 10 sampai 20 pompa baru, blower baru portable yang bisa kita switch ke manapun sesuai waktu yang dibutuhkan,” ucapnya pada Senin (13/2/2023) saat sidak di Kecamatan Tanggulangin.

Dalam sidak di Desa Kedung Banteng, Desa Banjar Asri, Desa Banjar Panji dan Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin itu, Gus Muhdlor mengecek satu per satu rumah pompa air. Mulai dari rumah pompa Banjar Panji 1 dan 2 serta rumah pompa Kedung Banteng.

Ia berjanji akan memaksimalkan operasional rumah pompa air selama 24 jam.

“Pompa kami arahkan untuk nyala 24 jam di semua titik termasuk penambahan pompa, sekali lagi pompa harus hidup 24 jam dan itu disesuaikan dengan sikon-nya (situasi kondisi),” ucapnya usai sidak, seperti dilansir dari laman Pemkab Sidoarjo, Selasa (14/2/2023).

Gus Muhdlor mengatakan bulan Februari diperkirakan akan menjadi puncak curah hujan. Sementara di bulan Maret curah hujan juga masih tinggi, namun April diperkirakan curah hujannya sudah mulai rendah. Meski begitu, Pemkab Sidoarjo tetap siaga mengantisipasi banjir.

“Ini waktunya kita siaga semua, mengerahkan tenaga pikiran untuk memastikan warga terdampak banjir bisa beraktivitas seperti sediakala,” ujarnya.

Gus Muhdlor juga mengatakan penanganan dampak sosial kepada warga terdampak banjir sudah dilakukan. Bantuan Sembako sudah diberikan. Ada 2 ribu lebih kepala keluarga yang memperolehnya. Selain itu fasilitas air bersih di beberapa titik banjir juga disediakan. Ditambah Posko penanganan bencana banjir di Balai Desa Kedung Banteng yang selalu siap memberikan pelayanan.

“Kemarin sudah dikirim 10 kg beras, gula, minyak, sarden dan sebagainya untuk 2 ribu sekian KK,” sampainya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs