Minggu, 25 Februari 2024

Bakar Pohon Bambu Berujung Hanguskan 4 Rumah di Putat Jaya Surabaya, Puluhan Warga Mengungsi

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan

Total empat rumah warga di Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya terbakar imbas rambatan api pohon bambu yang semula sengaja dibakar.

Dedik Irianto Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya menyebut, awalnya ada warga yang sengaja membakar pohon bambu belakang rumah lalu ditinggal. Nahas, saat dia kembali, api sudah menyambar bangunan rumah.

“Unit tempur (mobil pemadam) tiba di tempat kejadian kebakaran pukul 13.40 WIB. Api dinyatakan kondusif 15.39 WIB,” jelas Dedik, Jumat (22/9/2023).

Empat rumah yang rata-rata luasnya 4×8 meter persegi itu terbakar di area lantai dua. Salah satunya milik M, warga yang membakar pohon bambu rumahnya ikut terdampak. Sementara milik warga inisial L terbakar seluruhnya.

“M yang berada di belakang rumah L sedang membakar pohon bambu, kemudian ditinggal masuk ke dalam rumah. Lalu mendengar bunyi letupan api di tempat beliau bakar-bakar ternyata menyambar rumah yang berada tepat di belakang rumahnya lalu mengenai atap ke kiri ke kanan rumah, namun hanya rumah L saja yang terbakar parah, rumah yang lain hanya atapnya saja terbakar. Jatuh, lalu terjadi perambatan api mengenai perabotan,“ bebernya.

Ada sekitar tujuh korban luka ringan maupun syok yang ditangani petugas medis, juga dilarikan ke rumah sakit.

“Empat rumah yang terbakar, korban (meninggal) nihil,” tegas Buyung Hidayat Kabid Darlog BPBD Kota Surabaya dikonfirmasi terpisah.

Imbas peristiwa itu, puluhan warga berjumlah sekitar 45 orang mengungsi di balai RW 10 Kelurahan Putat Jaya. Kabar itu dibenarkan Bryan Ibnu Maskuwaih Lurah Putat Jaya.

“Kita kasih selimut, alas tidur, dan kebutuhan lainnya. Kita juga upayakan warga dapar tempar untuk berlindung,” kata Bryan.

Sementara tujuh orang yang jadi korban itu salah satunya petugas pemadam kebaran saat sedang berupaya memadamkam kebakaran. (lta/ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
28o
Kurs