Sabtu, 2 Maret 2024

Bandara Juanda Sudah Siap Layani Kepulangan Jemaah Haji

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
CJH Kloter terakhir saat bersiap memasuki bus menuju Bandara Juanda, Sabtu (2/7/2022) Foto : Retha Yuniar suarasurabaya.net

Manajemen Bandara Udara Internasional Juanda siap melayani periode debarkasi atau kepulangan jemaah haji ke Indonesia yang dijadwalkan berlangsung mulai Selasa (4/7/2023) hingga Jumat (4/8/2023).

Sisyani Jaffar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda mengatakan, periode debarkasi jemaah haji tahun 2023 yang dilaksanakan selama satu bulan tersebut akan membawa 88 kloter yang akan dilayani oleh maskapai Saudia Arabia Airlines dan Garuda Indonesia, di Sidoarjo, Senin (3/7/2023), dilansir Antara.

Dia mengatakan, pada kepulangan hari pertama debarkasi, Selasa (4/7/2023) Bandar Udara Internasional Juanda akan melayani sebanyak tiga penerbangan yang dibawa oleh maskapai Saudia Arabia Airlines yakni kloter pertama dengan nomor penerbangan SV 5048 pada pukul 13.55 WIB membawa jemaah haji asal Bangkalan.

Kemudian kloter kedua SV 5036 pukul 15.20 WIB membawa jemaah haji asal Madiun, Bangkalan, dan Surabaya. Selain itu, kloter ketiga SV 5020 pukul 16.15 WIB yang mengangkut jemaah haji asal Sampang, Bangkalan dan Surabaya.

“Alhamdulillah seluruh jemaah haji telah diberangkatkan dari Bandara Juanda dengan selamat dan telah melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Sekarang kami fokus untuk menyambut kepulangan para tamu Allah tersebut yang akan dimulai tanggal 4 Juli hingga 4 Agustus 2023,” ujarnya.

Sisyani menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan dengan baik kebutuhan dari sisi pengelola bandara untuk kelancaran angkutan debarkasi haji 1444 H/2023. Di antaranya adalah memastikan kesiapan fasilitas kebandarudaraan, pengaturan jemaah dan kendaraan hingga pengawalan bus penjemput di sisi udara.

“Kami telah memastikan kesiapan SDM dan fasilitas serta peralatan pendukung angkutan debarkasi haji tahun 2023 bersama Lanudal Juanda, Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, Perum LPPNPI Cabang Surabaya, Kementerian Agama Jawa Timur, CIQ, Saudia Airlines, Ground Handling, Pertamina dan Angkasa Pura Logistik serta instansi terkait lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, untuk memitigasi kemungkinan lainnya yang berdampak terhadap kelancaran operasional penerbangan reguler di Bandara Internasional Juanda, pihaknya juga selalu melakukan pemeriksaan dan memastikan fasilitas pendukung dalam keadaan prima dan layak digunakan.

“Kami telah mengantisipasi dengan memanfaatkan secara maksimal waktu dan mengatur slot parkir pesawat agar tidak berdampak pada operasional bandara serta terus melakukan pemeriksaan secara rutin untuk fasilitas-fasilitas bandara utamanya yang berada di sisi udara,“ pungkasnya. (ant/fra/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Sabtu, 2 Maret 2024
31o
Kurs