Kamis, 28 Maret 2024

Banjir dan Longsor Melanda Sejumlah Desa di Probolinggo

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ugas Irwanto Sekda Probolinggo meninjau banjir yang terjadi di RSUD Tongas pada Sabtu (11/2/2023). Foto: Diskominfo Kabupaten Probolinggo

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Probolinggo, Jawa Timur, mencatat bencana alam banjir dan tanah longsor melanda sejumlah desa di kabupaten tersebut dalam dua hari terakhir.

“Selama dua hari terakhir wilayah Kabupaten Probolinggo diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras cukup lama, sehingga terjadi banjir dan tanah longsor,” kata Moh Zubaidulloh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo dalam keterangan tertulis yang dilansir Antara, Minggu (12/2/2023).

Menurut dia, bencana banjir terjadi di beberapa desa yang tersebar di Kecamatan Tongas, Sumberasih, Dringu, dan Leces mengakibatkan ratusan rumah tergenang, sedangkan bencana tanah longsor terjadi di beberapa desa di Kecamatan Lumbang dan Wonomerto.

Di Kecamatan Tongas, banjir melanda Desa Tambakrejo, Tanjungrejo, Bayeman, Tongas Wetan, dan Curahdringu.

Banjir juga melanda di Kecamatan Sumberasih yakni di Desa Lemahkembar dan Desa Pesisir, kemudian di Desa Dringu, Kecamatan Dringu, sedangkan di Kecamatan Leces, bencana banjir melanda Desa Sumberkedawung, Leces, dan Tigasan Wetan.

“Bencana longsor melanda Desa Branggah dan Lumbang di Kecamatan Lumbang, serta Desa Pohsangit Ngisor di Kecamatan Wonomerto,” katanya.

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir dan tanah longsor yang menerjang sejumlah desa di enam kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

“Alhamdulillah, tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Kami mengimbau masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan memantau perkembangan informasi terkait cuaca dari instansi berwenang,” tuturnya.

Sementara itu, Ugas Irwanto Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo didampingi Camat Tongas Rochmad Widiarto juga sudah meninjau lokasi banjir di Desa Bayeman, Desa Tambakrejo, dan RSUD Tongas pada Sabtu (11/2/2023).

“Setelah melakukan pemantauan lokasi banjir di beberapa titik ternyata tidak terdapat kerusakan signifikan, namun ada beberapa lokasi yang harus diperhatikan dan diperbaiki,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem yang sering menyebabkan bencana banjir. Masyarakat diharapkan melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait agar mendapatkan penanganan secara cepat.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs