Sabtu, 27 April 2024

Beda Hari Pertama Lebaran, PDM Surabaya Ajak Masyarakat Jaga Persaudaraan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Catur Anang Huyoto (kanan) Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surabaya saat berada di Kantor PDM Surabaya, pada Kamis (20/4/2023). Foto: PDM Surabaya

Ada perbedaan penetapan hari pertama Lebaran Idulfitri tahun 2023 yang ditetapkan organisasi Muhammadiyah dengan pemerintah serta Nahdlatul Ulama (NU).

Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Jumat (21/4/2023). Sedangkan pemerintah dan NU memutuskan Idulfitri jatuh pada Sabtu (22/4/2023).

Catur Anang Huyoto Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surabaya menyatakan, walau penetapan 1 Syawal tahun ini berbeda, masyarakat harus tetap menjaga persaudaraan.

“Hendaknya kita bisa saling menghormati, jalin silaturahmi dan tidak mudah terprovokasi oleh derasnya pemberitaan bedanya hari raya. Bedanya hari raya sering kita jumpai dan kehidupan di masyarakat tetap terjaga kerukunannya,” ucapnya, Kamis (20/4/2023).

Dia melanjutkan, Bulan Ramadan sudah memberi banyak pencerahan tentang spiritual dan pelajaran tentang sosial.

Oleh karena itu, Catur mengimbau supaya dari berbagai pelajaran yang ada di Bulan Ramadan memperkuat ukhuwah dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kami dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surabaya, bersama ini mengajak kepada segenap warga persyarikatan dan warga Surabaya untuk terus menjalin menguatkan persatuan,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan pembiasaan ibadah selama Bulan Ramadan, mulai dari puasa, salat, tadarus Al Qur’an, infaq shodaqoh hingga zakat, dapat bersama-sama terus ditingkatkan.

“Sehingga nilai ketaqwaan terwujudkan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Catur juga menyampaikan untuk melaksanakan salat Idulfitri besok, Muhammadiyah Surabaya sudah melakukan berbagai persiapan.

“Pelaksanaannya tersebar di 101 titik lokasi di kota Surabaya, baik menempati di tanah lapang maupun di ruas jalan yang langsung dikelola oleh Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah se-Kota Surabaya. Semoga kegiatan ibadah berjalan lancar dan aman. Selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1444 H, taqabbalallahu minna waminkum, taqabbal ya karim, mohon maaf lahir dan batin,” pungkasnya.(ris/abd/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs