Senin, 29 April 2024

BEI Optimistis Jumlah Emiten IPO akan Cetak Rekor pada 2023

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto: idx.co.id

I Gede Nyoman Yetna Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) meyakini jumlah perusahaan pendatang baru atau yang melangsungkan IPO di pasar modal Indonesia dapat kembali memecahkan rekor pada tahun ini.

Sebelumnya, BEI telah memecahkan rekor dengan mencatatkan sebanyak 59 perusahaan pendatang baru di pasar modal Indonesia pada 2022, atau terbanyak sejak 1992 (sejak privatisasi BEI).

“Mudah-mudahan dari total perusahaan tercatat tahun ini memecahkan rekor lagi, karena jumlahnya hari ini sudah 55,” ujar Nyoman dilansir Antara pada Senin (7/8/2023).

Hingga berita ini ditulis, tercatat 55 perusahaan melangsungkan Initial Public Offering (IPO) di BEI, dengan dana dihimpun mencapai Rp48,8 triliun.

Nyoman mengungkapkan masih terdapat 36 calon emiten yang mengantre untuk IPO, yang mana sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang listing akan ditempatkan pada papan pengembangan.

“Ada tujuh lagi di pekan ini yang akan listing,” ujar Nyoman.

Dari 36 perusahaan tersebut, sebanyak sebanyaj perusahaan aset skala besar di atas Rp250 miliar.

Juga 22 perusahaan aset skala menengah antara Rp50 miliar sampai sampai dengan Rp250 miliar, serta 4 perusahaan aset skala kecil di bawah Rp50 miliar.

Pada tahun ini, BEI menargetkan perusahaan yang melantai di pasar modal Indonesia sebanyak 57 emiten.

BEI juga merevisi target jumlah pencatatan efek baru yang melantai sepanjang 2023 menjadi 200 perusahaan di semua instrumen, atau meningkat signifikan dari target semula sebanyak 130 perusahaan.

Adapun, instrumen yang dimaksud meliputi saham, obligasi, waran, kontrak investasi kolektif baru yang mencatatkan exchange traded fund (ETF), dana investasi real estate (DIRE), dan efek beragun aset (EBA).

“Bursa memberikan perhatian dan upaya-upaya kepada semua instrumen,” terang Nyoman. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs