Kamis, 2 Mei 2024

Belarus Menerima Kiriman Senjata Nuklir dari Rusia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Vladimir Putin Presiden Rusia berjabat tangan dengan Alexander Lukashenko Presiden Belarus pada 17 Februari lalu di Moskow. Foto: Dok/ Reuters

Vladimir Putin Presiden pada Jumat (17/6/2023) mengatakan bahwa Rusia telah mengirimkan set senjata nuklir taktis pertama ke sekutu tetangganya Belarus, sebuah langkah yang tampaknya akan meningkatkan ketegangan lebih jauh dengan Barat atas perang di Ukraina.

Hal tersebut menandai pertama kalinya Rusia menurunkan senjata nuklir di luar perbatasan sejak mereka melepaskan diri dari bekas republik Uni Soviet saat keruntuhannya pada 1991.

Dalam pernyataan di forum ekonomi internasional di St. Petersburg, Putin mengatakan bahwa “hulu ledak nuklir telah dikirimkan ke wilayah Belarus” dan “ini adalah pengiriman pertama.”

“Kami akan menyelesaikan pekerjaan ini pada akhir tahun,” tambah dia, sambil menegaskan bahwa keputusan mengirimkan senjata nuklir taktis, yang dirancang untuk serangan terbatas di medan perang, merupakan langkah pencegahan.

Melansir Antara, Belarus adalah negara yang berbatasan dengan negara-negara NATO, termasuk Polandia, dan telah membantu Rusia dalam agresi militernya meski tidak ikut serta langsung dalam penyerangan.

Dengan menegaskan bahwa Rusia menang dalam perang melawan Ukraina, Putin, yang berbicara melalui penerjemah, menekankan bahwa meskipun penggunaan senjata nuklir “secara teori dimungkinkan”, itu hanya diperlukan jika “ada ancaman terhadap kedaulatan Rusia.”

Presiden Rusia itu juga mengkritik Amerika Serikat karena menjadi satu-satunya negara yang menggunakan senjata nuklir untuk menyerang negara tanpa senjata nuklir, mengacu pada penggunaan bom atom atas kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang pada Perang Dunia Kedua.

Sementara Anthony Blinken Menteri Luar Negeri AS pada Jumat di Washington mengatakan akan “terus mengawasi situasi dengan sangat cermat” namun menambahkan tidak ada indikasi bahwa Rusia bersiap menggunakan senjata nuklir.

“Kami tidak punya alasan untuk menyesuaikan sikap nuklir kami sendiri,” kata dia.

Alexander Lukashenko Presiden Belarus, seorang sekutu Putin, mengatakan pada Selasa bahwa negaranya mulai menerima kiriman senjata nuklir taktis Rusia termasuk beberapa dengan kekuatan tiga kali lebih besar dari bom atom yang dijatuhkan AS di Jepang pada 1945, menurut Reuters.

Sementara itu Putin, memperingatkan tentang risiko anggota NATO terseret ke dalam konflik atas transfer jet tempur F-16 buatan AS ke Ukraina, mengatakan bahwa Rusia perlu mempertimbangkan menjatuhkan jet itu jika dikerahkan di pangkalan udara di luar Ukraina dan digunakan dalam perang. (ant/dvn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs