Minggu, 21 April 2024

BI Gencarkan Edukasi Ekonomi Syariah Lewat Fesyar on The Street

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Salah satu game and interactive dalam Fesyar on the Street yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur di area Car Free Day (CFD) Taman Bungkul Surabaya, pada Minggu (17/9/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Menyambut Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Jawa 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur menggelar Fesyar on the street di area Car Free Day (CFD) Taman Bungkul Surabaya, Minggu (17/9/2023).

Muslimin Anwar Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jatim mengatakan, kegiatan itu merupakan startegi untuk mencapai awareness penyelengaraan Fesyar Jawa yang bertujuan mendukung pengembangan ekonomi syariah di daerah-daerah.

“Bentuk CFD ini tentunya beragam, dengan berolahraga, senam yang interaktif, kemudian juga berdialog dengan masyarakat, ada kuis, lomba, dalam rangka mengedukasi lewat berbagai cara,” ucapnya seusai acara.

Dengan upaya tersebut, pihaknya berharap pemahaman dan kontribusi ekonomi syariah terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Apalagi ia menyebut, saat ini tingkat literasi keuangan ekonomi syariah terbilang masih rendah, sehingga harus didorong untuk meningkatkan literasi keuangan ekonomi syariah.

“Dari data kami literasi keuangan ekonomi syariah tercatat baru 23,3 persen di tahun 2022, meskipun meningkat dari 16,3 persenjelasnya di 2019, tapi secara angka literasinya itu masih rendah. Ini indeks literasi nasional, (untuk) Jatim kita belum ada datanya. tapi itu mencerminkan, karena representasi Jatim dari nasional itu juga besar,” jelasnya.

Fesyar on the Street yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur di area Car Free Day (CFD) Taman Bungkul Surabaya, Minggu (17/9/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa dalam gelaran Fesyar nanti, akan banyak produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) syariah binaan BI. Selain itu juga ditampilkan berbagai produk fashion hingga kerajinan.

“Ada juga sertifikasi halal, sehingga saya yakin bahwa pelaku usaha ingin agar kebutuhan dari konsumennya terpenuhi, salah satunya adalah keyakinan untuk mendapatkan makanan dan minuman yang halal melalui sertifikasi halal,” tuturnya.

Seperti diketahui, Fesyar Jawa 2023 akan diselenggarakan pada 29 September hingga 1 Oktober mendatang. Sedangkan untuk Fesyar on the street yang merupakan kegiatan road to dilakukan tiap minggu selama sebulan, dengan mengajak masyarakat senam fun aerobic, kuis, live music, game and interaction serta edukasi mengenai ekonomi syariah. (ris/bil/iss)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 21 April 2024
29o
Kurs