Kamis, 28 September 2023

BMKG Akan Modifikasi Cuaca Labuan Bajo Selama ASEAN Summit

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi - Cuaca cerah di Labuan Bajo, NTT. Foto: Unsplash

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bersama TNI telah berkoordinasi terkait teknologi modifikasi cuaca (TMC) agar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur bisa terlaksana dalam kondisi cuaca cerah.

“Kemarin sudah koordinasi dengan BMKG untuk TMC, kemarin sudah disebar 10 ton garam, pagi ini 10 ton lagi untuk antisipasi,” kata Laksamana TNI Yudo Margono Panglima TNI dilansir dari Antara, Rabu (10/5/2023).

Di samping itu, BMKG telah menggandeng BRIN dan TNI AU untuk melakukan operasi TMC agar cuaca kondusif selama KTT ke-42 ASEAN.

TMC telah diterapkan sejak tanggal 8 Mei 2023 dan akan dioperasikan sampai tanggal 12 Mei 2023. Pengoperasian TMC pun dilakukan menggunakan pesawat Cassa dari Skadron Udara 4.

“Mudah-mudahan nanti sore bisa cerah, bagus, sehingga bisa terlaksana dengan baik sesuai rencana awal,” kata Laksamana Yudo Panglima TNI optimis.

Sementara itu Sti Nenotek, Kepala Stasiun Meteorologi Komodo menguraikan kondisi cuaca Labuan Bajo Manggarai Barat kini telah mulai memasuki awal musim kemarau pada Dasarian II April.

Namun, peluang hujan masih ada dengan kategori rendah.

Oleh karena itu untuk mengantisipasi hujan selama KTT ke-42 ASEAN, BMKG, BRIN, dan TNI AU pun melakukan TMC.

“Hari ini sudah mulai sorti (siram) dari pukul 06.30 WITA (05.30 WIB). Target hari ini 12 kali sorti,” kata Sti menyebutkan.

Dari jadwal yang ada, upaya TMC akan dilakukan sebanyak lima kali pada Kamis (11/5/2023) besok, dan tiga kali pada Jumat (12/5/2023) mendatang.

Area target penerbangan TMC berada pada perairan dan sabana NTT.

“Total dari tanggal 8 Mei sampai 12 Mei nanti adalah 20 ton atau 20 ribu kg,” ucap Sti. (ant/ihz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terperosok di Parit depan supermarket Jl AR Hakim Surabaya

Anak Bersepeda di Jalan Tol Waru-Juanda

Kemeriahan Karnaval di Mojoagung Jombang

Kecelakaan Mobil Pikap Terbalik di Bunder Gresik

Surabaya
Kamis, 28 September 2023
33o
Kurs