Sabtu, 20 Juli 2024

BMKG Imbau Potensi Hujan Lebat, Terkecuali di Jawa Timur

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau sejumlah wilayah di Indonesia untuk waspada terhadap potensi hujan lebat hingga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada Kamis (17/8/2023) hari ini.

Dilansir dari Antara, BMKG mengungkapkan potensi hujan lebat diprakirakan terjadi di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Riau.

Hujan lebat juga berpotensi dialami oleh wilayah Kepulauan Riau, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Kemudian, beberapa wilayah di Indonesia diprakirakan mengalami angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam, seperti Aceh, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Utara dan Sulawesi Barat.

Hujan disertai kilat dan petir atau hujan badai juga berpotensi terjadi di beberapa wilayah, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bali, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Papua Barat.

Adapun intensitas hujan badai dengan angin kencang itu akan berkurang dengan adanya fenomena El Nino di Indonesia yang menyebabkan berkurangnya curah hujan.

A. Fachri Radjab Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, 63 persen wilayah zona musim di Indonesia terdampak fenomena El Nino, sehingga musim kemarau menjadi lebih kering.

Zona musim di Indonesia ada 699 zona, jelas Fachri, dengan 63 persen diantaranya saat ini sudah terdampak langsung oleh El Nino.

“Ketika kita di musim kemarau, ditambah ada El Nino, jadi semakin kering,” kata Fachri. (ant/bnt/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 20 Juli 2024
26o
Kurs