Senin, 13 Mei 2024

BMKG Ingatkan Masyarakat Antisipasi Kekeringan Akibat El Nino

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tangkapan layar - Guswanto Deputi Bidang Meteorologi BMKG dalam diskusi daring dipantau di Jakarta, Senin (19/6/2023). Foto: Antara

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk melakukan langkah-langkah antisipasi kekeringan sebagai akibat meningkatnya indeks El Nino.

Guswanto Deputi Bidang Meteorologi BMKG dalam diskusi daring di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa indeks El Nino sudah berada di angka 0,9 sehingga perlahan lahan bergerak dari lemah menuju moderat.

“Artinya apabila ini tidak diseriusi dalam antisipasi maka kekeringan dampaknya bahwa wilayah Indonesia akan kekurangan hujan itu akan menjadi nyata. Dan ini perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi,” ujarnya sesuai dikutip dari Antara, Senin (19/6/2023).

Ia membeberkan langkah yang pertama dengan menghemat air, karena saat ini wilayah-wilayah Indonesia masih ada yang mendapat hujan. Dengan adanya wilayah ini, ada yang disimpan di waduk atau di tampung untuk dikelola dengan baik.

Langkah antisipasi kedua, khusus untuk wilayah-wilayah yang memiliki gambut, seperti Sumatera-Kalimantan dapat dilakukan pembasahan.

Hal ini bisa dilakukan melalui aliran air dari tanah maupun menggunakan TMC atau teknologi modifikasi cuaca.

“Dan yang terakhir yang perlu diantisipasi lagi adalah apabila ada kebakaran maka tentunya oleh asap lintas batas ini perlu diwaspadai. Jangan sampai ini asap lintas batas bisa mengganggu negara tetangga,” tutupnya.

BMKG juga menggunakan tekonologi modeling dengan memanfaatkan prakiraan cuaca itu sehingga bisa melakukan prakiraan enam musiman.

Adapun menurut Guswanto, BMKG melakukan pengamatan melalui satelit Himawari dan apabila ada asap lintas batas, BMKG dapat membuktikan terjadinya lintas batasnya. (ant/bnt/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
33o
Kurs