Minggu, 28 April 2024

BMKG Minta Masyarakat Jatim Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Hingga 8 April

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca ekstrem. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah Jawa Timur (Jatim) pada bulan April 2023 masih berada pada masa peralihan musim (pancaroba), sehingga masih memungkinkan adanya potensi cuaca ekstrem.

Berdasarkan analisa kondisi iklim, masih hangatnya suhu muka laut di sekitar wilayah perairan mengindikasikan suplai uap air masih cukup
signifikan di wilayah Jatim.

Serta, masih terbentuknya daerah konvergensi atau pertemuan massa udara meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

“Selain itu adanya gelombang Atmosfer Rossby dan Kelvin di wilayah Jawa Timur di prakirakan akan berpengaruh pada kondisi cuaca dalam seminggu kedepan, dan berkontribusi meningkatkan pertumbuhan awan Cumulonimbus yang dapat mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat,” tulis Taufiq Hermawan BMKG Juanda dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Minggu (2/4/2023).

Adapun beberapa wilayah Jatim mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi (genangan air, puting beliung, maupun hujan es) pada periode 02 April – 08 April 2023.

Diantaranya di wilayah Kota Batu, Blitar, Kediri, Malang, Mojokerto, Kabupatn Bojonegoro, Jombang, Malang, Lumajang, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Pamekasan, Ponorogo dan Kabupaten Sampang.

Cuaca ekstrem itu juga berpotensi terjadi di Kota Surabaya, Madiun, Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Sumenep, Trenggalek, Tulungagung, Kediri, Mojokerto, Blitar, Pasuruan, Bangkalan, Banyuwangi, Bondowoso, Gresik, Jember, Lamongan, Madiun, Probolinggo, Situbondo, Tuban dan Kab. Pacitan.

“Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada terhadap dampak potensi bencana hidrometeorologi pada masa peralihan/pancaroba,” tambah Taufiq.

Informasi terkini berdasarkan citra radar cuaca WOFI dapat diakses melalui website www.juanda.jatim.bmkg.go.id/radar. Demikian dengan informasi peringatan dini tiga harian dan peringatan dini 2 – 3 jam ke depan melalui website www.juanda.jatim.bmkg.go.id dan media sosial @infobmkgjuanda. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs