Rabu, 28 Februari 2024

BMKG Prakirakan Cuaca Surabaya dan Sejumlah Kota Besar di Indonesia Hari Ini Cerah

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi cuaca cerah. Foto: Pixabay

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah kota besar di Indonesia, pada Minggu (3/9/2023) dalam keadaan cerah.

Cuaca cerah tersebut berpotensi terjadi di Surabaya, Jakarta, Bandung, Bengkulu, Pontianak, dan Makassar.

Kemudian, cuaca cerah berawan terjadi di Serang, Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Palangka Raya, Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Mataram, Kupang, Pekanbaru, Palembang, dan Manado.

Selain itu, dalam laman resmi BMKG hari ini, cuaca berawan diprediksi terjadi di Ambon, Manokwari, Mamuju, Kendari , Medan, dan Padang, serta Jayapura dengan awan yang lebih tebal.

Sedangkan hujan diprakirakan turun di Bandar Lampung dan Ternate, dengan intensitas ringan, serta Banda Aceh dengan intensitas sedang.

Memasuki malam hari, cuaca cerah berawan diprediksi mendominasi kota besar di Indonesia seperti di Bengkulu, Jakarta, Gorontalo, Jambi, Bandung, Semarang, Tarakan, Bandar Lampung, Mataram, Pekanbaru, Kendari, dan Manado.

Adapun cuaca berawan berpotensi terjadi di Yogyakarta, Serang, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Jayapura, Makassar, dan Padang.

Kemudian, cuaca cerah diprakirakan terjadi di Denpasar, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin,, Pangkal Pinang, Kupang, dan Palembang.

Sedangkan hujan diprakirakan turun di Banda Aceh, Manokwari, Samarinda, dan Medan dengan intensitas ringan.

Meskipun begitu, Dwikorita Karnawati Kepala BMKG menyatakan bahwa sejumlah wilayah di Indonesia harus mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai petir, hujan es, dan sebagainya dalam beberapa hari ini.

Karena potensi tersebut, kata Dwikorita, menimbulkan dampak mulai dari banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.(ant/ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
27o
Kurs