Jumat, 3 Mei 2024

BMKG Prakirakan Hujan Mengguyur Jawa Timur pada Momen Natal dan Tahun Baru

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi hujan di kota besar. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Jawa Timur (Jatim) pada Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024 (Nataru).

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net pada Senin (25/12/2023) dijelaskan bahwa, secara umum Jatim telah memasuki musim hujan pada Desember 2023. Kecuali sebagian wilayah Situbondo yang diprakirakan memasuki musim hujan pada Januari 2024.

Sedangkan puncak musim hujan di wilayah Jatim diprakirakan terjadi pada Januari dan Februari 2024.

Taufiq Hermawan Kepala BMKG Juanda menyebut, cuaca pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diprakirakan hujan dengan intensitas bervariatif. Antara ringan hingga lebat, terutama pada siang, sore, dan malam hari.

Melihat gangguan gelombang rossby yang ada juga dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan bencana seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, dan angin kencang di sejumlah daerah.

Seperti Pacitan, Magetan, Ponorogo, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Blitar, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Kabupaten Probolinggo.

Juga di Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Kabupaten Kediri, Kabupaten Mojokerto, Bojonegoro, Lamongan, dan Ngawi.

BMKG Juada mengimbau pemerintah daerah dan sektor terkait dapat menjadikan informasi peringatan dini tiga harian dan peringatan dini dua-tiga jam-an sebagai acuan untuk early action.

Tujuannya untuk menekan kerugian yang dapat ditimbulkan oleh adanya bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, dan angin kencang. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs