Selasa, 14 Mei 2024

BMKG Prakirakan Sebagian Wilayah Jatim Hari Ini Hujan Lebat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca seputaran wilayah Jawa Timur (Jatim), Jumat (17/2/2023) hari ini, berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan di Jatim berpotensi terjadi mulai Jumat pagi sampai dengan Sabtu (18/2/2023) dini hari.

Kawasan yang berpotensi hujan di pagi hari, yaitu Kabupaten Sumenep di Pulau Madura. Sementara untuk siang sampai sore hari, hujan diprakirakan mengguyur wilayah Kota Surabaya, Madiun, Kediri, Pasuruan, Probolinggo, Batu, Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Kediri, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo.

Sedangkan untuk malam hari, hujan diprakirakan melanda Kabupaten Probolinggo, Situbondo dan Sampang. Hujan di Kabupaten Probolinggo diprediksi berlangsung hingga Sabtu dini hari.

Suhu di Jatim hari ini mencapai 14-32 derajat Celcius, dengan kelembapan udara mencapai 65-100 persen. Angin dominan dari Barat Daya ke arah Barat, dan kecepatannya mencapai lima sampai 30 km per jam.

Adapun kondisi cuaca di seluruh wilayah perairan Jatim, Jumat hari ini, diprakirakan BMKG Maritim Tanjung Perak berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Kondisi angin, didominasi dari Barat Daya ke Barat, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur 23 knots (42 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim 15 knots (29 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 1.0-2.3 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.0 meter.

Warga yang punya aktivitas di wilayah perairan, juga diimbau waspada tinggi gelombang lebih dari 2.5 m di perairan Selatan Jatim, dan Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
32o
Kurs