Rabu, 24 April 2024

BMKG Prakirakan Siang Sampai Sore Sebagian Wilayah Jatim Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Jawa Timur (Jatim), Jumat (17/3/2023) hari ini, berpotensi turun hujan.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan bisa terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, mulai pagi hingga sore hari.

Adapun untuk pagi hari, kawasan yang diprakirakan hujan ada di Kabupaten Malang, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Pasuruan dan Probolinggo.

Untuk siang sampai sore hari, wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Madiun, Kediri, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Bondowoso dan Bangkalan diprakirakan turun hujan.

Kondisi suhu udara di Jatim berkisar 15-34 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 55-100 persen. Sedangkan arah angin dominan berhembus dari Tenggara ke Timur dengan kecepatan mencapai lima sampai 30 kilometer per jam.

Sementara kondisi cuaca maritim di sebagian wilayah Perairan Jatim, hari ini diprediksi BMKG Maritim Tanjung Perak akan hujan denga intensitas ringan.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara. Kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar sembilan knots (17 kilometer per jam), dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 14 knots (26 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.3 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.1-0.5 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.8 meter.

BMKG Maritim Tanjung Perak juga mengimbau masyarakat yang beraktivitas di wilayah perairan, mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs