Selasa, 25 Juni 2024

BMKG Prediksi 2050 Terjadi Kerentanan Pangan Akibat Kenaikan Suhu Bumi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Dwikorita Karnawati Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: Dok/ Antara

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada pertengahan abad atau tahun 2050-an, akan terjadi kerentanan ketahanan pangan akibat kenaikan suhu bumi yang menyebabkan global water hotspot atau krisis air.

“Pertengahan abad, tahun 2050-an diprediksi akan terjadi kekurangan pangan akibat dari kekeringan atau kekurangan air,” ujar Dwikorita Karnawati Kepala BMKG dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (8/11/2023) dikutip Antara.

Di Indonesia, kata dia, ancaman kekeringan tidak terhindarkan meskipun dalam pemetaan tingkat kerentanannya berada pada level menengah.

“Indonesia ini levelnya menengah dan kita akan kesulitan impor karena negara-negara sumber penghasil pangan pun malah lebih parah mengalami kekeringan,” tuturnya.

Ia mengatakan kenaikan suhu di wilayah Indonesia masih relatif baik, meskipun ada kenaikan tapi tidak sebesar negara lain. Karena, wilayah laut Indonesia lebih luas dibandingkan daratan, sehingga dapat berperan menjadi pendingin.

Dalam kesempatan itu, Dwikorita menyarankan agar ada penguatan mitigasi perubahan iklim. Di antaranya, memperluas penerapan transformasi energi, dari fosil ke nonfosil, kemudian menggalakkan gaya hidup ramah lingkungan.

Selain itu, ia menambahkan perlu peningkatan literasi iklim untuk masyarakat, pemerintah pusat dan daerah, serta akademisi dan swasta, serta penguatan systematic observation sebagai fundamental dari science based climate policy.

Ia menambahkan penguatan SDM di berbagai sektor juga diperlukan, dalam rangka mendukung ketahanan iklim.

“Perlu juga pembangunan ketahanan iklim di empat sektor prioritas, yaitu perairan, pertanian, kesehatan serta pesisir dan laut,” katanya. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
25o
Kurs