Selasa, 7 Mei 2024

BMKG: Waspada Gelombang 3 Meter di Selat Bali pada 27-29 Juli

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi. Antrean kendaraan di pelabuhan Ketapang. Foto: banyuwangibagus.com

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, Bali meminta operator kapal penyeberangan mewaspadai tinggi gelombang laut di Selat Bali dan Selat Lombok yang diperkirakan mencapai hingga tiga meter pada 27-29 Juli 2023.

“Kami imbau selalu waspadai potensi peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang laut,” kata Cahyo Nugroho Kepala BBMKG Wilayah III Denpasar dilansir Antara pada Kamis (27/7/2023).

Ia mengungkapkan, ketinggian gelombang laut itu dipengaruhi oleh kecepatan angin selama periode 27-29 Juli 2023 yang diperkirakan mencapai 40 kilometer per jam, atau 21,5 knot.

Angin tersebut bertiup dari arah timur-selatan atau berasal dari benua Australia bergerak konstan menuju daratan Asia atau disebut angin timuran. Seiring puncak musim kemarau di Bali yang diperkirakan pada Juli-Agustus 2023.

Adapun kondisi angin dan gelombang laut yang berisiko tinggi terhadap keselamatan berlayar, yakni perahu nelayan, apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. Sedangkan kapal feri apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs