Minggu, 3 Maret 2024

BPBD Jatim Tunggu Kajian Potensi Gunung Bawah Laut di Selatan Pacitan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi temuan gunung bawah laut di perairan Pacitan Foto: Badan Informasi Geospasial (BIG)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur (BPBD Jatim) masih menunggu kajian dari Badan Informasi Geospasial (BIG) serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mengenai potensi ancaman keberadaan gunung bawah laut yang ditemukan di perairan selatan Kabupaten Pacitan.

Gatot Soebroto Kepala Pelaksana (Kalaksana) BPBD Jatim dalam acara Teropong Bencana yang diikuti di Jakarta, Rabu (22/2/2023), mengatakan pihaknya masih menunggu kajian potensi gunung bawah laut tersebut.

“Apakah itu bisa menimbulkan ledakan atau nantinya bisa muncul lebih tinggi lagi hingga ke permukaan laut. Ini masih dalam proses penelitian,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Gatot mengatakan gunung bawah laut tersebut terbentuk dari fenomena alam, dan saat ini sejumlah pihak mulai dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hingga Pemerintah Kabupaten Pacitan sedang mendalami potensinya.

Namun, BPBD Jatim terus berkomunikasi dengan BPBD Kabupaten Pacitan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai tidak adanya potensi ancaman atau bahaya, dari gunung bawah laut tersebut hingga saat ini.

“Kami juga masih menunggu hasil dari BIG maupun dari BRIN evaluasinya, analisanya seperti apa. Selama hasil belum keluar, mohon masyarakat untuk selalu tenang dan melakukan aktivitas sebagaimana biasanya,” kata Gatot.

Sebelumnya, ditemukan gunung bawah laut yang ada di kedalaman 3-4 kilometer di bawah permukaan laut sekitar 200 kilometer barat daya Kabupaten Pacitan.

Gunung yang diidentifikasi Badan Informasi Geospasial memiliki ketinggian sekitar 2.300 meter dari dasar laut itu sudah ada sejak lama, namun keberadaannya baru diketahui akhir-akhir ini. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
27o
Kurs