Jumat, 19 April 2024

BPBD Situbondo Catat Belasan Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Petugas BPBD Situbondo data rumah terdampak angin kencang. Senin (27/2/2022). Foto: Antara

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Jawa Timur, mencatat belasan rumah warga rusak akibat diterjang angin kencang disertai hujan pada Senin (27/2/2023) petang.

Sruwi Hartanto Kepala Pelaksana BPBD Situbondo mengatakan, belasan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat angin kencang disertai hujan itu tersebar di enam kecamatan.

“Tadi, setelah memperoleh informasi belasan rumah warga rusak akibat angin kencang, Pusdalops langsung turun ke lokasi beberapa titik untuk menangani bencana alam angin kencang yang juga mengakibatkan beberapa pohon tumbang menimpa rumah warga” ujar Sruwi di Situbondo.

Melansir dari Antara, angin kencang disertai hujan itu merusak sebanyak 9 rumah warga di Lubawang (Kecamatan Banyuglugur), di Desa Buduan (Kecamatan Suboh) warung tertimpa pohon, di Desa Kayuputih (Kecamatan Panji) satu rumah juga rusak, di Desa Langkap (Kecamatan Besuki) sebanyak dua rumah rusak tertimpa pohon tumbang.

Sementara di Desa Desa Kayuputih (Kecamatan Panji) satu rumah juga rusak akibat angin kencang dan satu rumah lagi mengalami kerusakan di Desa Wonokoyo (Kecamatan Kapongan).

“Data sementara yang kami terima ada 15 rumah dan warung terdampak angin kencang, dan kerusakan rumah akibat angin kencang rata-rata di bagian atap rumah, ada juga rusak tertimpa pohon tumbang,” ujar Sruwi.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar terus waspada cuaca ekstrem dan angin kencang di Jawa Timur, sesuai yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas 1 Juanda Sidoarjo.

“Dalam rilis BMKG waspada potensi cuaca ekstrem dan angin kencang sejak 25 Februari hingga 3 Maret 2023,” katanya.(ant/abd/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs