Minggu, 3 Maret 2024

BUMN Gencar Operasi Pasar untuk Menjaga Stabilitas Harga Sembako

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka Operasi Pasar Murah Minyak Goreng Nusakita dan The Walini-Goalpara di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/4/2022). Foto: Dok Antara/ Humas PTPN VIII

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali gencar melakukan operasi pasar kebutuhan pokok di berbagai daerah, sebagai bentuk mitigasi terhadap risiko gejolak harga kebutuhan masyarakat.

Erick Thohir Menteri BUMN mengungkapkan, operasi pasar yang dilakukan oleh sejumlah BUMN merupakan upaya menjaga stabilitas harga sembilan bahan pokok atau sembako.

“Operasi pasar sembako terus kami dorong supaya harga kebutuhan pokok tidak bergejolak naik. Saya baru mendapatkan data harga pangan dunia naik 14 persen. Itu tertinggi sepanjang sejarah. Artinya, harus sama-sama mengintervensi dan mengatasi hal-hal seperti itu,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Antara di Jakarta, Minggu (8/1/2023).

Dia menegaskan, operasi pasar tersebut merupakan bentuk respons cepat BUMN agar harga sembako stabil dan tidak melambung tinggi.

Sebelumnya, Erick mengungkapkan BUMN siap menjadi pembeli siaga (off taker) bahan pangan pokok, dalam rangka mengantisipasi krisis tahun depan.

Tapi, syaratnya perlu disertai penugasan yang jelas dari Pemerintah terhadap BUMN pelaksana fungsi off taker itu.

Penugasan tersebut diperlukan supaya para pemimpin di BUMN pelaksana off taker tidak ragu dan khawatir, atas dugaan pelanggaran yang dituduhkan kepada mereka.

Tingginya potensi inflasi pada tahun depan, bisa disebabkan dua faktor, yaitu tingginya harga Bahan Bakar Minyak (BBM), dan melonjaknya harga pangan.

“Kondisi rantai pasok dunia diperkirakan masih terganggu pada tahun depan. Karena itu salah satu kunci agar bisa bertahan, Indonesia harus mampu menjaga kondisi supply chain atau rantai pasok pangan nasional,” pungkasnya.(ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
31o
Kurs