Selasa, 7 Februari 2023

Bus Listrik Tidak Jadi Beroperasi Akhir Januari, Sementara Diganti Trans Semanggi Suroboyo

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Bus Trans Semanggi Suroboyo di-launching hari ini, Rabu (29/12/2021). Foto: Istimewa

Bus listrik tidak jadi beroperasi di rute Gununganyar-Kenjeran Park pada akhir Januari 2023. Sebagai gantinya, Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengoperasikan Trans Semanggi Suroboyo untuk sementara waktu.

Ali Mustofa Kasi Angkutan Jalan dan Penumpang Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyebut, total lima unit Trans Semanggi Suroboyo melintas di rute bus listrik.

“Benar, diisi Trans Semanggi Suroboyo untuk sementara,” kata Ali, Rabu (25/1/2023).

Trans Semanggi Suroboyo melintas di rute tersebut mulai Senin (23/1/2023). Ali belum bisa memastikan berapa lama, yang jelas hingga evaluasi dan penandatanganan kontrak bus listrik selesai.

“Sambil menunggu kesiapan operasional bus listrik. Mulai Senin 23 Januari 2023, sampai selesai evaluasi bus listrik,” imbuhnya.

Sementara terkait proses evaluasi dan penandatanganan kontrak bus listrik, Yulianto General Manager Perum Damri Surabaya memperkirakan baru selesai Februari 2023.

“Iya (bus Trans Semanggi Suroboyo) mengantikan sampai kontrak selesai, sampai tanda tangan lah. Saya malah belum update terkait itu (TTD kontrak kapan), nunggu komponen yang belum lengkap, diperkirakan Februari selesai,” kata Yulianto dikonfirmasi terpisah.

Mengenai detil komponen yang masih menghambat penandatanganan perpanjangan kontrak bus listrik, Yulianto enggan merinci.

“Kontaknya belum di TTD karena ada masih ada kajian yang belum lengkap. Sepertinya begitu (tidak jadi Januari),” pungkasnya.

Diketahui bus listrik berhenti setelah dua minggu beroperasi 18-31 Desember 2022. Selain tarif kontrak yang perlu disepakati ulang, evaluasi kelemahan bus saat operasional juga jadi alasan perpanjangan kontrak belum bisa langsung dilakukan. (lta/iss/ipg)

Berita Terkait