Selasa, 30 April 2024

Bus Wisata Masuk Sungai di Guci Tegal, 1 Meninggal 2 Luka Berat

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Kondisi bus setelah terjun ke jurang sungai di kawasan Guci, Tegal, Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023) foto: Tangkapan layar via WA SS.

Satu bus pariwisata yang mengangkut 37 orang tiba-tiba masuk sungai waktu berada di tempat parkir. Peristiwa yang terjadi di kawasan wisata Guci Tegal, Jawa Tengah itu mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan dua orang luka berat.

Sedangkan untuk puluhan orang sisanya mengalami luka ringan dan dibawa ke Puskesmas Bojong, klinik, dan rumah sakit terdekat. Begitu pun dengan korban luka berat dan meninggal telah dievakuasi ke RSUD Slawi Tegal.

Kombes Pol Agung Suryo Dirlantas Polda Jateng menjelaskan, peristiwa bus masuk sungai itu terjadi pada pukul 08.30 WIB. Sebelum terjun ke sungai, bus tersebut sedang persiapan pulang menuju ke Tangerang.

“Ketika parkir, kernet menghidupkan mesin. Sopirnya kebetulan ada di warung mungkin mandi atau istirahat. Posisi diparkir dan sudah diganjal pakai ganjalan bus, setelah dihidupkan 15 menit, ganjlanya bermasalah terus melaju tanpa ada kemudinya,” kata Agus Suryo kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (7/5/2023).

Bus dengan nomor B 7260 CGA itu dijelaskan Agus melaju ke jalanan bawah sejauh 117 meter sebelum jatuh ke sungai yang berada 10 meter di bawah jalan aspal. Agus menuturkan kondisi jalanan di kawasan Guci memang naik turun.

Sementara itu pihak kepolisian belum bisa memastikan apakah peristiwa ini disebabkan oleh human error. Oleh sebab itu tim penyidik lalu lintas sedang melakukan olah TKP.

“Apakah kelalaian kernetnya, drivernya. Setelah olah TKP kami akan lakukan gelar perkara. Kami akan memeriksa sejumlah saksi dan apabila ada CCTV bisa jadi alat bukti untuk menetapkan tersangkanya siapa,” ujarnya.

Hingga kini petugas sedang melakukan evakuasi terhadap bangkai bus yang masih terjebak di sungai tersebut. Petugas bakal mendatangkan crane untuk mengangkut bus dari kedalaman 10 meter itu.(wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs