Minggu, 5 Mei 2024

Calon Pengantin di Kabupaten Bandung Diminta Tanam Dua Pohon

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Dadang Supriatna Bupati Bandung. Foto: Antara/ Humas Pemkab Bandung

Dadang Supriatna Bupati Bandung meminta setiap calon pengantin di Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), menanam dua pohon sebagai upaya mengendalikan emisi karbon melalui “Gerakan Peduli Pohon Pernikahan”.

“Ini sebagai bentuk komitmen dan penjabaran implementasi dari visi Kabupaten Bandung 2021-2026 yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Badung yang bangkit, edukatif, dinamis, agamis dan sejahtera. Kemudian misi yang ketiga bagaimana untuk terus memelihara lingkungan,” kata Dadang, Minggu (12/1/2023) seperti dilansir Antara.

Ia menyatakan bahwa komitmen itu sesuai Instruksi Bupati Bandung Nomor 2 Tahun 202,  tentang Gerakan Peduli Penanaman dan Pemeliharaan Pohon Kesayangan.

Menurutnya program “Gerakan Peduli Pohon Pernikahan”nantinya bakal dikawal oleh pemerintah tingkat desa dan kecamatan. Untuk lokasi penanaman pohon itu, kata Dadang, bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan lingkungan di wilayah domisili para calon pengantin.

“Apakah mau ditanam di pekarangan rumah atau di lahan kosong yang perlu dilakukan penanaman pohon, silakan diskusi untuk teknis pelaksanaanya,” katanya.

Dari program itu, Bupati Bandung itu juga berharap ada tanaman keras yang bisa ditanam di tempat-tempat yang rawan. Karena, menurutnya ada beberapa hutan gundul di Kabupaten Bandung yang butuh penanganan cepat dan serius.

“Kita berharap kepada teman-teman pencinta alam atau peduli lingkungan untuk bisa mengawasi program ini. Insya Allah kita konsisten untuk bisa melaksanakannya,” pungkasnya. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs