Senin, 29 April 2024

Capaian Vaksinasi Dosis Keempat Jatim Tertinggi di Indonesia

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Vaksinasi booster di Kota Surabaya. Foto: Diskominfo Surabaya

Upaya percepatan vaksinasi yang digencarkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sejak 24 Januari lalu membuahkan hasil. Berdasarkan Dashboard Kemenkes per 1 Maret 2023, jumlah ketercapaian vaksin Covid-19 dosis keempat sebanyak 587.549 orang.

Angka tersebut mencatatkan Provinsi Jatim di urutan pertama dalam ketercapaian vaksin doses keempat. Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengatakan bakal terus menggencarkan vaksinasi bagi masyarakat.

Menurut Mantan Mensos RI itu, ketercapaian vaksinasi kepada masyarakat menjadi bagian penting dalam kesiapan menghadapi masa transisi dari pandemi ke endemi.

“Soal kapan masa transisi pandemi ke endemi ini akan berakhir tentu kita menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Namun, selama proses ini kita tetap harus menggencarkan vaksinasi dosis keempat bagi masyarakat,” kata Khofifah, Kamis (2/3/2023).

Khofifah juga turut mengimbau, meski kasus Covid-19 sudah terkendali masa PPKM juga dicabut, namun dia meminta masyarakat mewaspadai Covid-19 maupun penyakit menular lainnya.

Apalagi, terhadap varian baru yang muncul di sejumlah negara dengan jenis yang lebih cepat menular. Maka dari itu Gubernur Jatim tersebut juga mengajak masyarakat untuk melakukan vaksin dosis empat.

“Vaksin dosis empat ini bisa memberikan efek perlindungan dari Covid-19 yang lebih lama. Termasuk mengurangi risiko sakit parah, rawat inap, dan angka kematian dari Covid-19,” jelasnya.

Sebagai informasi, di peringkat dua setelah Jatim, ada DKI Jakarta dengan capaian booster sebanyak 560.800 orang, peringkat ketiga Jawa Tengah sebanyak 355.800 orang, peringkat keempat Jawa Barat sebanyak 317.800 orang dan peringkat kelima Bali sebanyak 174.700 orang.(wld/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs