Sabtu, 4 Mei 2024

China Usul Keterwakilan Negara Berkembang dalam DK PBB Ditingkatkan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Wang Yi Kepala Kantor Urusan Luar Negeri Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) (tengah) saat bertemu Tareq MAM Al Banai Ketua Bersama Negosiasi Antar-Pemerintah pada Reformasi Dewan Keamanan periode sidang ke-77 Majelis Umum PBB (kiri) dan Alexander Marschik Kepala Perwakilan Tetap Austria untuk PBB di Beijing, Sabtu (29/4/2023). Foto: Antara

Wang Yi Kepala Kantor Urusan Luar Negeri Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) mengusulkan keterwakilan negara-negara berkembang dalam Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) ditingkatkan.

“Reformasi DK PBB harus mampu meningkatkan keterwakilan dan menampung aspirasi negara-negara berkembang sehingga memungkinkan lebih banyak negara sedang dan negara kecil berpartisipasi dalam setiap keputusan DK,” kata Wang saat menerima kunjungan Tareq MAM Al Banai Ketua Bersama Negosiasi Antar-Pemerintah pada Reformasi DK periode sidang ke-77 Majelis Umum PBB dan Alexander Marschik Kepala Perwakilan Tetap Austria untuk PBB di Beijing, Sabtu (29/4/2023).

Laporan Antara menyebutkan, mantan menteri luar negeri China itu juga mendorong DK PBB mempertahankan keadilan, terutama dalam mengevaluasi ketidakadilan sejarah terhadap Afrika.

Wang berharap Tareq dan Marschik bisa memandu berbagai pihak untuk tidak saling mengintervensi urusan dalam negeri negara lain.

“Kami juga berharap agar ketua bersama mampu mencapai konsensus dan mendorong proses reformasi DK agar bisa diakui oleh seluruh komunitas internasional,” kata anggota Biro Politik Komite Sentral CPC itu.

Al Banai dan Marschik menyambut positif harapan Wang Yi ini.

Menurut media penyiaran China hari ini, mereka menyatakan kesediaan berkonsultasi dan berkomunikasi dengan negara-negara anggota PBB lainnya, termasuk China.(ant/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs