Minggu, 28 April 2024

Dalai Lama Meminta Maaf setelah Berkata Tak Pantas kepada Seorang Bocah

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Tangkapan layar dari video viral Dalai Lama melakukan tindakan tak pantas terhadap seorang bocah. Foto: Reuters

Dalai Lama (87) Pemimpin spiritual Tibet pada Senin (10/4/2023) meminta maaf setelah sebuah rekaman video menunjukkan dia berkata “isap lidah saya” kepada seorang bocah laki-laki di sebuah acara publik.

“Sebuah klip video telah beredar yang menunjukkan pertemuan belum lama ini ketika seorang anak laki-laki bertanya kepada Yang Mulia Dalai Lama apakah dia bisa memeluknya,” cuit akun Twitter resmi Dalai Lama yang memiliki 19 juta pengikut.

Dalam laporan Antara, disebutkan pula bahwa Dalai Lama ingin meminta maaf kepada bocah itu dan keluarganya atas rasa sakit hati yang mungkin ditimbulkan oleh kata-kata peraih Nobel Perdamaian itu.

Unggahan permintaan maaf Dalai Lama di Twitter resminya. Foto: Tangkapan Layar Twitter Dalai Lama

“Dalai Lama sering menggoda orang-orang yang ditemuinya dengan cara yang polos dan menyenangkan, bahkan di depan umum dan di depan kamera. Dia menyesali kejadian itu,” tulis pernyataan tersebut.

Dalam rekaman video yang telah dilihat satu juta kali di Twitter, menunjukkan Dalai Lama tampak mengecup bibir seorang anak laki-laki di hadapan orang-orang yang terdengar bertepuk tangan dan tertawa, sementara seorang pria merekam momen tersebut dengan ponselnya.

Perlu diketahui, Dalai Lama melarikan diri ke India pada 1959 setelah kegagalan pemberontakan terhadap kekuasaan China di Tibet. Dia dianggap Beijing sebagai seorang separatis yang berbahaya.

Selama beberapa dasawarsa, dia telah berusaha mencari dukungan global bagi otonomi bahasa dan budaya di tanah airnya yang terpencil dan bergunung-gunung.

Dia kini tinggal di sebuah kompleks di sebelah kuil yang dikelilingi bukit-bukit hijau dan gunung-gunung bersalju di Kota Dharamshala, India utara. (ant/ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
26o
Kurs