Sabtu, 27 April 2024

Diresmikan Wapres, Masjid Arrahman di Rest Area 66A Dinilai Bisa Jadi Objek Wisata

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ma'ruf Amin Wapres (dua kanan) saat meresmikan empat masjid di Rest Area Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (22/12/2023). Foto: Antara Ma'ruf Amin Wapres (dua kanan) saat meresmikan empat masjid di Rest Area Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (22/12/2023). Foto: Antara

Adhy Karyono Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengatakan, jika desain Masjid Arrahman yang diresmikan Ma’ruf Amin wakil presiden (Wapres) di Pasuruan, Jawa Timur, bisa menjadi objek wisata.

“Desain bangunan dari masjid yang diresmikan oleh Wapres Ma’ruf terbilang sangat unik. Salah satunya adalah Masjid Arrahman. Dengan model masjid berbentuk trapesium, diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemudik,” katanya, Jumat (22/12/2023) dilansir Antara.

Selain berbentuk trapesium, Masjid Arrahman juga memiliki dinding yang hampir semuanya berupa kaca sehingga cahaya matahari masuk sangat banyak. Di dalam masjid juga terlihat lapang karena di dalam ruangan tidak ada tiang penyangga sama sekali. Selain itu, konsep bangunan masjid ini sendiri yang membuat ruang masjid terasa lebih lapang.

“Masjid Ar-Rahman ini memiliki desain unik. Dari depan terlihat masjid berbentuk trapesium. Dinding masjid terlihat berlapis tiga di satu sisi dan sisi yang lain berlapis dua. Ini bisa menjadi objek wisata religius,” jelasnya.

Ia mengatakan, peresmian ini menjadi momentum dalam mempermudah pemudik dalam mensinergikan fisik dan spiritualitas.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kami menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas diresmikannya 4 masjid di rest area Pasuruan Pandaan oleh Wakil Presiden RI Bapak Ma’ruf Amin,” kata
​​ Adhy.

Ia juga berharap, dengan diresmikannya Masjid di rest area ini dapat menjadi pengingat bagi para pemudik selama natal dan tahun baru (Nataru) untuk terus meningkatkan ibadahnya.

“Sehingga, masjid-masjid ini bisa bermanfaat dalam menghilangkan rasa lelah dalam perjalanan sekaligus menjadi tempat untuk beribadah,” ujarnya.

Di sisi lain, Ma’ruf Amin Wapres juga berharap agar masjid yang diresmikanny hari ini selain menjadi tempat beristirahat bagi para pemudik menjelang Nataru, juga dapat menjadi tempat dalam memperdalam ilmu agama.

“Sore hari ini saya resmikan 4 masjid, kalau Nataru banyak orang mudik. Banyak orang lupa ibadah, saya ingatkan untuk berjalan sewajarnya, jangan lupa sholat dulu, jangan lupa karena sekarang sudah ada masjid di sini,” kata Wapres Ma’ruf.

“Saya berharap ini tentu menjadi amal shaleh. Kita ingin masjid ini dapat memberikan pelajaran agama baik langsung ataupun melalui rekaman-rekaman sehingga orang yang solat bisa mendengar itu,” imbuhnya.

Sebagai informasi, peresmian empat masjid tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ma’ruf Amin serta disaksikan langsung oleh Adhy Sekda dan seluruh jajaran OPD Pemkab Pasurusan.

Adapun 4 masjid yang diresmikan hari ini adalah (1) Masjid Al Hamid yang dibangun di Rest Area KM 792 A, (2) Masjid An nur di Rest Area 792 B, (3) Masjid Mukmin di Rest Area 66B, dan terakhir adalah Masjid Arrahman yang dibangun di Rest Area 66A. (ant/feb/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs