Minggu, 28 April 2024

Dispendik Pastikan Siswi SMP Hamil Korban Pemerkosaan di Surabaya Tetap Bisa Tuntaskan Sekolah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yusuf Masruh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Foto: Meilita suarasurabaya.net

Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya memastikan, siswi korban pemerkosaan pemuda mabuk hingga hamil lima bulan di Surabaya tetap bisa menuntaskan pendidikan.

M (15 tahun) korban yang kini duduk dibangku kelas 2 salah satu SMP Negeri di Surabaya, kata Yusuf Masruh Kepala Dispendik Kota Surabaya, dipastikan akan mendapat pendampingan pendidikan.

Pendampingan itu sudah dikoordinasikan dengan orang tua korban maupun pihak sekolah.

“Karena ini menyangkut masa depan anak. Jadi kami memastikan pembelajaran anak ini harus selesai. Orang tua harus memberikan dukungan juga,” kata Yusuf Masruh saat dihubungi suarasurabaya.net, Kamis (27/4/2023).

Yusuf menyebut, ada formulasi khusus agar korban tetap mendapatkan haknya dalam menempuh pendidikan hingga lulus jenjang SMP tanpa program kejar paket.

“Jadi jangan sampai dia kejar paket. Karena masa depannya masih panjang. Kalau anak ada kemauan, orang tua mendukung, kita siapkan semuanya,” ungkapnya.

Sementara untuk mencegah kejadian serupa terulang ke siswi lain, Kadispendik kembali mengingatkan agar para orang tua serta lingkungan sekitar turut andil dalam proses perkembangan anak.

Orang tua diminta lebih waspada dan mengawasi anak. Termasuk, harus mengetahui jika ada gerombolan pemuda di wilayah sekitarnya.

“Di sekolah anak kan sudah diberikan pendidikan karakter. Nah ketika di rumah itu tugas orang tua. Misal kalau sudah malam, anak belum pulang itu orang tua perlu mengingatkan. Lalu masyarakat, kalau ada anak bergerombol itu juga perlu dinasehati, mereka sedang apa,” tutupnya. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs