Minggu, 21 April 2024

Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Forum Smart City Nasional, Surabaya Optimistis Dapat Nilai Baik

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Muhammad Fikser Kepala Diskominfo Kota Surabaya, Rabu (11/1/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bakal menggelar Forum Smart City Nasional 2023, dengan menunjuk Surabaya sebagai tuan rumah.

Muhammad Fikser Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya menyampaikan, acara yang akan menjawab tantangan dan peluang pengembangan implementasi program smart city itu berlangsung mulai 12 Juni mendatang.

“Kegiatan ini berlangsung secara luring (offline) di Shangri-La Hotel Surabaya pada tanggal 12-14 Juni 2023,” kata M Fikser, Kamis (8/6/2023).

Kegiatan yang akan membahas kota-kota cerdas itu nantinya akan diikuti perwakilan kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Setidaknya, ada 530 wilayah yang diundang.

“Jadi, kementerian memberikan kepercayaan kepada pemerintah kota untuk menjadi host smart city, kita membahas kota-kota cerdas,” jelasnya.

“Di sini ada dua agenda besar. Pertama agenda yang dilakukan asesor terhadap penilaian smart city di Indonesia di acara tersebut, yang nantinya akan diumumkan di akhir tahun,” jelasnya menambahkan.

Dalam agenda itu juga digelar pameran berbagai macam infrastruktur terbarukan yang berkaitan dengan smart city. Seperti infrastruktur teknologi untuk sektor kesehatan, transportasi dan sebagainya.

“Kami bersyukur pemerintah kota menyiapkan ini dengan baik. Narasumber pun kami undang dari berbagai kementerian. Sekaligus Pak (Eri Cahyadi) Wali Kota akan memaparkan progres yang sudah dilakukan membangun smart city di Surabaya,” ungkap dia.

Untuk Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya sendiri, sambung Fikser, akan memaparkan sejumlah aplikasi seperti Sapu Jagat, Padat Karya untuk sektor ekonomi, dan Sayang Warga di bidang kesehatan.

“Surabaya ada beberapa teknologi yang digunakan. Seperti untuk mengelola sampah, kontrol sampah dan kontrol pasukan di lapangan itu ada aplikasi Sapu Jagat,” paparnya.

Forum itu akan melihat roadmap yang disusun tiap daerah terkait smart city dan implementasinya. “Jadi roadmap yang telah disusun oleh kabupaten/kota terkait dengan konsep smart city, terus implementasinya seperti apa itu dinilai,” jelasnya.

Kadis Kominfo Surabaya itu yakin, Kota Pahlawan akan mendapat penilaian baik di akhir tahun 2023 sebagai salah satu smart city.

“Pertama, penilaian dari kementerian untuk seluruh kabupaten, kota, terkait roadmad smart city di masing-masing daerah ini proses penilaian dan bimbingan. Daerah dikasih kesemlagan memperbaiki masukan-masukan yang diberikan dan membenahi ke depan. Penilaian di akhir tahun. Kita optimistis dapat hasil baik di akhir tahun,” tandasnya. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 21 April 2024
26o
Kurs