Jumat, 3 Mei 2024

Dosen Unesa Ingatkan UTBK Jalur SNBT 2023 Berbeda dengan Tahun Lalu

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pemandangan kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Foto: Humas Unesa

Sukarmin Kepala Sub-Direktorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengingatkan peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), tes tahun ini berbeda dengan tahun lalu.

Beberapa perbedaan tersebut, di antaranya semua peserta mempunyai kesempatan yang sama dengan tes yang sama untuk masuk di prodi dan perguruan tinggi yang diinginkan.

Karena istilah soshum (sosial dan humaniora) dan saintek (sains dan teknologi) sudah tidak digunakan lagi tahun ini.

Dalam keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net, Tes Potensi Akademik (TPA) juga tidak akan hadir tahun ini, dan digantikan dengan Tes Potensi Skolastik (TPS) yang terdiri dari empat komponen yaitu penalaran umum, pemahaman bacaan dan tulis, pengetahuan umum, dan pengetahuan kuantitatif.

Selain itu juga, Sukarmin menambahkan UTBK 2023 akan menghadirkan komponen tes literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Ditegaskan Sukarmin, materi soal tahun ini dibuat setara baik bagi para peserta ketika SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) berasal dari jurusan IPA, IPS, Bahasa atau bahkan dari SMK teknik.

“Semua bobot soalnya sama,” ucap Sukarmin pada Rabu, (19/4/2023).

Atas berbagai perubahan sistem UTBK tersebut, Sukarmin mengimbau kepada peserta untuk belajar dan latihan menjawab soal-soal.

Untuk mengasah diri, peserta dapat berlatih menggunakan website yang disediakan panitia pusat, https://framework-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Sekadar diketahui, gelombang pertama penyelenggaraan UTBK jalur SNBT akan dimulai pada 8-14 Maret, sedangkan gelombang kedua dilaksanakan 22-28 Mei 2023.(abd/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs