Selasa, 30 April 2024

DPR RI dan AMI Gelar Pameran Bersejarah Hari Museum Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Rachmat Gobel Wakil Ketua DPR RI dan Putu Supadma Rudana Anggota DPR RI Fraksi Demokrat membuka Pameran Bersama Hari Museum Indonesia, Kamis (12/10/2023), di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta. Foto: istimewa

DPR RI bersama Pengurus Asosiasi Museum Indonesia (AMI) DKI Jakarta dan Sekretariat Jenderal DPR RI, hari ini, Kamis (12/10/2023), menggelar Pameran Bersama Hari Museum Indonesia, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta.

Acara itu bertepatan dengan momen Hari Museum Indonesia ke-8 yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober.

Putu Supadma Rudana Anggota DPR RI mengatakan, berangkat dari tema Hari Museum Internasional ‘Museum and Well Being‘ peringatan Hari Museum Indonesia Tahun 2023 mengambil tema ‘Kolaborasi dan Sinergi’.

“Harapannya tentu semangat kolaborasi dan sinergi tersebut mendorong museum di Indonesia yang berkelanjutan dan sejahtera melalui nilai-nilai budaya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Putu yang juga Ketua AMI menyatakan museum sebagai tempat pelestarian harus melaksanakan kegiatan penyimpanan yang meliputi pengumpulan benda untuk menjadi koleksi, pencatatan koleksi, sistem penomoran dan penataan koleksi.

Kegiatan lainnya terkait dengan perawatan yang meliputi kegiatan mencegah dan menanggulangi kerusakan koleksi.

“Pemutakhiran koleksi museum perlu terus dilakukan, terutama terkait benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, struktur cagar budaya dan bukan cagar budaya yang merupakan bukti material hasil budaya dan material alam dan lingkungannya yang mempunyai nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, kebudayaan, teknologi dan pariwisata,” tandas politikus Fraksi Partai Demokrat itu.

Sebagaimana diketahui, setiap tanggal 12 Oktober diperingati sebagai Hari Museum Indonesia, yang pada tahun 2023 merupakan peringatan Hari Museum Indonesia ke-8.

Peringatan Hari Museum Indonesia merujuk pada peristiwa Musyawarah Museum se-Indonesia tanggal 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta. Musyawarah tersebut menjadi tonggak penting pengembangan museum di Indonesia pascakemerdekaan.

Kegiatan inti Hari Museum Indonesia ke-8 tahun 2023 merupakan sejarah pertama kali dilakukan di DPR RI pada tanggal 12-13 Oktober 2023. Kegiatan yang berlangsung antara lain Pameran Bersama 29 Museum, Galeri, Perpustakaan dan Kearsipan, Seminar Nasional, Lokakarya dan Musyawarah Nasional.

Pameran Bersama yang diikuti 29 peserta mengambil tema ‘Kolaborasi dan Sinergi’ dilaksanakan pada tanggal 12-13 Oktober 2023 di Lobby Gedung Nusantara DPR RI dan pameran dilaksanakan pada pukul 09.00-16.00 WIB yang secara langsung diresmikan oleh Rahmat Gobel Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Industri Pembangunan.

Turut hadir dalam Pameran Bersama Hari Museum Indonesia dengan tema ‘Kolaborasi dan Sinergi’ tersebut, Suprihartini Deputi bidang Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI beserta segenap jajaran pejabat Sekretariat Jenderal DPR RI, Pengurus dan Anggota AMI, Pengurus dan Anggota AMI Daerah di seluruh Indonesia.(rid/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
31o
Kurs