Minggu, 28 April 2024

Dua Jam Pencarian, Korban Tenggelam di Sungai Ngagel Ditemukan Meninggal

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Petugas waktu mengevakuasi korban bernama Supri yang tenggelam di Sungai Kalimas Ngagel, Surabaya, Selasa (14/2/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Petugas gabungan dari BPBD dan DPKP Kota Surabaya setelah hampir dua jam melakukan pencarian akhirnya menemukan Supri korban tenggelam di Sungai Kalimas Jalan Ngagel (Depan SPBU Ngagel), Selasa (14/2/2023).

Tepat pukul 19.30 WIB korban ditemukan di jarak sekitar 20 meter dari titik awal korban terakhir kali terlihat melambaikan tangan.

Arif Sunandar Sub Koordinator Operasional Darurat BPBD Kota Surabaya mengatakan bahwa korban ditemukan dalam posisi kakinya tersangkut lumpur dan sudah meninggal dunia.

“Korban ditemukan di kedalaman dua meter, dengan posisi kaki tersangkut di lumpur. Karena memang lumpur di bawah cukup tebal sekitar setengah meter,” ujar Arif usai melakukan evakuasi, Selasa (14/2/2023).

Kata Arif, sebanyak 20 petugas gabungan mulai melakukan pencarian pada pukul 17.30 WIB. Proses pencarian memakai dua teknik.

Yang pertama penyisiran sekitaran TKP secara manual, kemudian yang kedua, teknik penyelaman yang dilakukan oleh enam petugas. Kata Arif kendala selama pencarian adalah nol visibilitas (tidak bisa melihat) di bawah permukaan air.

“Airnya sangat keruh, arus di bawah cukup deras. Jarak pandang nol, dan kita hanya bisa meraba,” jelasnya.

Petugas waktu menyisir sungai untuk melakukan pencarian korban tenggelam di Sungai Kalimas Jalan Ngagel Surabaya, Selasa (14/2/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Arif mengatakan kalau sungai di Surabaya memang cukup berbahaya untuk dilakukan aktivitas tanpa adanya pengamanan yang standar. Pihaknya pun selama ini sudah melakukan patroli dan imbauan untuk warga supaya tidak melakukan aktivitas di sungai.

Sebagai informasi, Apriyanto, salah satu teman korban, menjelaskan jika ia bersama korban datang sekitar pukul 16.30 WIB dan langsung mencari kerang. Mereka mencari kerang selama 30 menit saja.

“Sekitar setengah jam kami naik. korban itu masih di pinggiran sungai (sisi barat). Mau merapat ke kami yang ada di seberang (sisi timur) tapi waktu nyebrang tiba-tiba tenggelam,” ujar Apriyanto waktu ditemui di TKP.

Melihat temannya tak kunjung naik ke permukaan air waktu tenggelam, ia pun meneriaki agar korban segera naik. Namun, korban kemudian hilang. Rekan-rekannya pun bingung dan sempat melakukan pencarian.

“Sepertinya kepleset, tadi juga sempat dicari,” imbuhnya.

Saat ini korban sudah dibawa ke RSUD Dr Soetomo yang akan diidentifikasi lebih lanjut oleh Tim Inafis Polrestabes Surabaya. Korban diketahui berusia 30-35 tahun.(wld/ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs