Selasa, 16 April 2024

Dua Jemaah Haji Jawa Timur Meninggal di Madinah, Dimakamkan di Tanah Suci

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ilustrasi pemakaman jenazah jemaah haji di Madinah. Foto: Istimewa

Dua jemaah Haji asal Jawa Timur yang sudah tiba di Kota Madinah, Saudi Arabia dikabarkan meninggal dunia. Husnul Maram Ketua PPIH Embarkasi Surabaya mengatakan dua jemaah itu berasal dari kloter 9 asal Kabupaten Gresik dan kloter 1 asal Kabupaten Bangkalan.

Yaitu, Ahmad Suhadak Riduwan (53) asal Gresik yang meninggal Sabtu (27/5/2023) pukul 09.00 waktu setempat. Sedangkan, jemaah asal Bangkalan bernama Langen Delem Dussalam (90) wafat pukul 22.30 waktu Madinah.

Husnul Maram menjelaskan jemaah yang meninggal dimakamkan di Madinah. Hingga hari ini, jemaah Haji asal Embarkasi Surabaya yang meninggal di daerah sejumlah 3 orang dan di tanah suci sejumlah 2 orang.

“InsyaAllah husnul khotimah karena meninggal dalam momen melaksanakan ibadah haji di tempat yang penuh barokah yakni Madinah, ” kata Husnul Maram, Minggu (28/5/2023).

Selain itu, Husnul Maram berpesan kepada jemaah supaya menjaga kondisi kesehatan selama di tanah suci. Sebab suhu di sana bisa mencapai 42 derajat celcius hingga 50 derajat.

“Karena itu jemaah harus banyak minum air untuk mencegah dehidrasi,” pesannya.

Maram juga mengingatkan agar jemaah tidak lupa memakai alas kaki karena suhunya yang cukup tinggi.

“Alas kaki dibawa sendiri-sendiri, jangan dititipin ke teman atau suami atau atau istri ketika masuk ke masjid sehingga ketika keluar masjid sudah ada alas kakinya, tidak terbawa orang lain. Kalau tidak memakai alas kaki, telapak kaki bisa melepuh,” Jelasnya.

Ia juga berpesan agar jemaah haji memanfaatkan waktu sebaik mungkin supaya ketika melaksanakan kegiatan inti ibadah haji, tubuh tetap fit.

Sementara itu, Asrama Haji Embarkasi Surabaya hingga hari Minggu ini telah memberangkatkan 11 kloter denga total 4.906 orang yang terdiri dari 4.851 jemaah dan 55 petugas.

Ada 3 kloter yang masuk pada hari Minggu ini, yakni kloter 12 asal Kabupaten Blitar, kloter 13 asal Kabupaten Blitar dan Kabupaten Magetan, serta kloter 14 dari Kabupaten Magetan.(wld/iss)

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
33o
Kurs