Minggu, 16 Juni 2024

Dukung Perkembangan Film, Undika Lombakan 119 Karya dari 36 Kota

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi. Clapper Board untuk guide produksi film. Foto: Pixabay

Universitas Dinamika (Undika) Surabaya mendukung perkembangan film dengan melombakan sebanyak 119 karya film pendek dari 36 kota di Indonesia dalam Dynamic Cinema Festival (DCF).

Muhammad Bahruddin Ketua Program Studi Film dan Televisi Undika mengatakan, film yang dikirim oleh peserta dari delapan Provinsi di Indonesia itu berupa fiksi dan dokumenter.

“Dalam lomba tersebut, selain terdiri dari karya kompetisi, ada juga yang nonkompetisi,” ucapnya, pada Kamis (21/9/2023).

Dalam bergulirnya kompetisi tersebut, diadakan juga road show ke berbagai sekolah tingkat SMA dan SMK di Surabaya yang dilakukan selama dua minggu pada pertengahan Agustus 2023.

Yang mana, progam tersebut memberikan pelatihan tentang penyutradaraan, penulisan naskah, sinematografi hingga fotografi.

“Kegiatan yang telah dimulai sejak akhir Juli, antara lain master class tentang penulisan naskah dan skenario yang digelar pada 29 Juli 2023 bersama Ifan A. Ismail penulis naskah film Habibie dan Ainun, The Gift, Ayat-Ayat Cinta 2, Jomblo, dan Sultan Agung. Selain itu ada kelas Penyutradaraan Film Pendek Bersama Wimar Herdanto yang digelar pada 31 Juli,” jelasnya.

Saat ini, ia menyebut, telah ditetapkan sembilan nominasi karya kompetisi dan sembilan nominasi karya non kompetisi. Seluruh karya yang masuk nominasi ditayangkan pada tanggal 19 hingga 21 September 2023 mulai sore hingga malam hari di Arena Prestasi Undika.

“Awarding Night digelar pada puncak acara, Kamis 21 September 2023,” tandasnya. (ris/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs