Senin, 29 April 2024

Duta Kesehatan Remaja Sidoarjo Kampanyekan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Sa'adah Ahmad Muhdlor atau Ning Sasha Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sidoarjo bersama Duta Kesehatan Remaja 2023, di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (24/6/2023) malam. Foto: Pemkab Sidoarjo

Sa’adah Ahmad Muhdlor atau Ning Sasha Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sidoarjo mengajak para duta kesehatan remaja Kabupaten Sidoarjo tahun 2023 turut serta mengkampanyekan pola hidup sehat dalam rangka membantu Pemkab Sidoarjo membangun dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Saya menyambut baik kegiatan pemilihan duta kesehatan remaja di Kabupaten Sidoarjo seperti ini. Saya berharap kedepannya dapat berperan membantu pemerintah dalam mempromosikan kepada masyarakat terkait perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Ning Sasha dalam acara Grand Final Pemilihan Duta Kesehatan Remaja 2023, di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (24/6/2023) malam.

Pemilihan duta kesehatan remaja menurut Ning Sasha bukan sebagai ajang pamer fisik tampan dan cantik saja. Namun sebagai wadah remaja agar bisa belajar berpikir kritis, kreatif dan inovatif terkait masalah kesehatan yang sedang dihadapi oleh masyarakat.

Ning sasha meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dapat memfasilitasi kegiatan para duta kesehatan remaja Sidoarjo dalam kontribusinya terhadap pembangunan kesehatan di Kabupaten Sidoarjo.

“Intinya bahwa anak muda sekarang bukan lagi bertanya apa yang bisa diberikan pemerintah kepadanya, tapi harus menanyakan pada dirinya masing-masing, kontribusi apa yang bisa diberikan untuk bangsa dan negara,” tuturnya, dikutip dari unggahan Instagram Pemkab Sidoarjo.

Menurut Ning Sasha, para duta kesehatan remaja Kabupaten Sidoarjo mempunyai peranan sangat penting untuk ikut mempromosikan dan mensosialisasikan tentang pola hidup bersih dan sehat kepada teman sebayanya. Peran generasi-generasi muda terbaik yang mewakili sekolahnya untuk menciptakan kesehatan masyarakat Sidoarjo sangat dibutuhkan. Misalnya dengan mensosialisasikan bagaimana mencegah stunting.

“Bahwa stunting telah menjadi permasalahan secara nasional, maka dari itu tidak hanya bisa dituntaskan oleh kader emak-emaknya, tapi juga melalui kader kepemudaannya. Masing-masing remaja harus menyadari bahwa kualitas kesehatan dirinyalah yang nanti akan menentukan lahirnya generasi generasi bangsa yang berkualitas,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Ning Sasha meminta peran orang tua dalam mendukung putra-putrinya dalam berkegiatan yang positif. Ada kepercayaan yang diberikan kepada anak-anaknya untuk melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan sepeti ini. Menjadi duta kesehatan remaja, skil para remaja akan diupgrade untuk dapat membantu pemerintah dalam pembangunan dibidang kesehatan.

“Peran orangtua disini adalah bisa menaruh kepercayaan dan mendoakannya untuk bisa mengikuti hal hal yang akan mengupgrade skil masing-masing buah hatinya, orang tua juga diharapkan bagaimana saat nanti anaknya ada diposisi terjatuh, ia tetap support memberikan semangat agar anaknya bangkit kembali,” ucapnya.

Sementara itu Nabil Akmal dari Kecamatan Waru dan Alexandra Cinta dari Kecamatan Sidoarjo, pasangan Duta Kesehatan Sidoarjo Tahun 2023 sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini. Mereka menilai dengan adanya Duta Kesehatan mampu meningkatkan peran remaja untuk menyampaikan pesan-pesan kesehatan sejak dini.

”Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari Pemilihan Duta Kesehatan Sidoarjo ini, selain kita bisa saling berkenalan dengan remaja-remaja lain kita juga dituntut untuk berinovasi khususnya dibidang kesehatan, karena isu isu kesehatan saat ini setiap tahun selalu berkembang, sehingga dengan adanya Duta Kesehatan ini, isu-isu kesehatan bisa tersampaikan secara menyeluruh kepada masyarakat,” ungkap Nabil.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs