Senin, 29 April 2024

Ecoton dan Buddhist Gelar Fang Sheng untuk Jaga Ekosistem Sungai

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ecoton bersama Buddhist Education Centre Surabaya menggelar ritual Fang Sheng dengan melepaskan ikan lokal endemik sungai brantas di kawasan suaka ikan Kali Surabaya, pada Sabtu (24/6/2023). Foto: Ecoton

Ecoton bersama Buddhist Education Centre Surabaya menggelar ritual fang sheng, yakni melepaskan ikan lokal endemik Sungai Brantas di kawasan Suaka Ikan Kali Surabaya pada Sabtu (24/6/2023).

Yuska koordinator panitia fang sheng mengatakan, ritual tersebut memiliki keyakinan bahwa melepaskan ikan lokal yang biasa dikonsumsi ke habitat asli dapat memberikan keberkahan dan manfaat bagi alam.

“Kami melepaskan beberapa bibit ikan lokal di Kali Surabaya. Supaya kami sebagai manusia terhindar dari mara bahaya dan mendapatkan kebaikan karena menolong mahkluk yang menderita,” ucapnya.

Ritual tersebut, kata Yuska, juga sebagai upaya untuk mendukung terawatnya kawasan konservasi dan mejaga ekosistem ikan dan biota di sungai agar tetap lestari.

Sementara itu, Aziz Deputi Eksternal dan Kemitraan Ecoton mengatakan, adanya ritual yang dilakukan di suaka ikan diharapkan dapat menjaga kelestarian sungai.

“Harapannya seluruh elemen masyarakat bisa bersama-bersama berupaya menjaga kelestarian sungai. Karena biota-biota sungai membutuhkan air yang bersih dan ekosistem yang layak untuk mendukung perkembangbiakan dan kelangsungan hidup keanekaragaman hayati,” ucapnya.

Selain melepasliarkan ikan, agenda lainnya adalah membagikan sembako ke masyarakat sekitar. Kegiatan ini diikuti sekitar 40 orang yang berasal dari kalangan mahasiswa, komunitas lingkungan, dan warga setempat.(ris/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs