Rabu, 1 Mei 2024

Embarkasi Surabaya 99 Persen Siap Menyambut Kedatangan Jemaah Haji Rabu Besok

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Husnul Maram Kepala Kanwil Kemenag Jatim dan Gartaman Kepala UPT Asrama Haji Surabaya ketika meninjau Hall Mina menjelang penerimaan jemaah haji di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Minggu (21/5/2023). Foto: Iping suarasurabaya.net

Panitia Embarkasi Surabaya menyatakan persiapan untuk menyambut jemaah haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Jawa Timur 99 persen sudah hampir rampung.

Husnul Maram Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim mengatakan sejumlah renovasi dan persiapan fasilitas di Asrama Haji telah dikebut dalam beberapa hari terakhir. Misalnya perbaikan fasilitas toilet ramah lansia dan disabilitas yang tinggal finishing, hingga perbaikan hall untuk aktivitas jemaah.

“Kesiapan Asrama Haji seluruhnya sudah dicek semuanya, tinggal beberapa titik yang harus direnovasi nanti malah sudah bersih dan selesai semua. Penerimaan jemaah haji besok 23 Mei untuk kloter 1,2, dan 3 yang datang duluan,” tutur Husnul Maram kepada suarasurabaya.net, Minggu (21/5/2023).

Perbaikan yang terus dikebut oleh pengelola Asrama Haji Surabaya, meliputi tahap finishing fasilitas toilet ramah lansia dan disabilitas, hingga perbaikan hall untuk aktivitas jemaah, Minggu (21/5/2023). Foto: Iping suarasurabaya.net

Kemudian, untuk memberikan layanan terbaik bagi jemaah, seluruh ruangan di Asrama Haji Surabaya telah dilakukan fogging atau pengasapan. Fogging ini dilakukan agar setiap area bisa steril.

“Kita bersihkan sarang-sarang nyamuk dan kutu di lingkungan asrama, sehingga ketika jemaah datang sudah bersih. Dalam kegiatan ini fogging dilakukan oleh KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Surabaya,” katanya.

Tidak hanya itu, dalam rangka mewujudkan Haji Ramah Lansia, pihak panitia telah mengatur penempatan kamar jemaah lansia supaya ditempatkan di lantai dasar dan dekat dengan layanan kesehatan.

“Selain itu dalam pemberian layanan, para lansia akan mendapat prioritas untuk mendapatkan layanan terlebih dahulu,” ujar Husnul Maram yang juga Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Jatim itu.

Sekadar diketahui, jumlah jemaah lansia di Jatim pada ibadah tahun ini sekitar 11 ribu orang dari total jemaah haji 35.152 orang.

“Tahun lalu jemaah lansia tidak diperkenankan berangkat karena protokol kesehatan dari Arab Saudi. Alhamdulillah tahun ini sekitar kuota sepertiga jemaah haji adalah diprioritaskan lansia,” urainya.

Sementara itu Gartaman Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Surabaya, menginfokan jika 526 kamar dengan daya tampung 2.400 orang sudah siap dipakai para jemaah.(ipg/wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
26o
Kurs