Jumat, 17 Mei 2024

Enam PJ Bupati Wali Kota Tahap Dua Resmi Dilantik, Gubernur Khofifah Tekankan Kesinambungan Program Pembangunan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim melantik Wahyu Hidayat jadi Pj Wali Kota Malang. Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan Penjabat (Pj) Bupati dan Walikota bagi kabupaten/Kota yang kepala daerahnya habis masa jabatan untuk sesi kedua, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (24/9/2023) sore.

Di sesi kedua itu, Khofifah Gubernur melantik dan mengambil sumpah jabatan enam Pj Bupati dan Walikota, antara lain Adriyanto Pj Bupati Bojonegoro, Sugiat Pj Bupati Jombang, Sri Handoko Taruna Pj Bupati Nganjuk, Hergunadi Pj Bupati Magetan, Tontro Pahlawanto Pj Bupati Madiun dan Wahyu Hidayat Pj Wali Kota Malang.

Khofifah Gubernur meminta agar para Pj Bupati Walikota yang baru saja dilantik untuk mempelajari detail memori jabatan yang diberikan oleh para purna tugas Bupati Walikota. Karena menurutnya, banyak pesan penting untuk kesinambungan program dan keberlanjutan pembangunan daerah.

“Memori jabatan ini mungkin tidak terlalu tebal. Namun lampirannya akan banyak sekali. Tolong ini menjadi perhatian semua yang baru saja dilantik. Karena ini menjadi salah satu acuan untuk menjaga pembangunan yang berkelanjutan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga memberikan pesan khusus pada Pj, terkhusus Malang yang baru saja meresmikan Malang Creative Center (MCC) sebagai penguat ekonomi kreatif yang bukan hanya untuk Jatim tetapi Indonesia.

“Terutama karena pada tahun 2022 kontribusi ekonomi kreatif terhadap perekonomian Indonesia sangat tinggi bahkan mencapai Rp 1.280 Trilliun. Maka target dari Kota Malang diharapkan tahun 2025 bisa menjadi Kota Kreatif dunia akan sangat mungkin bisa kita wujudkan,” urainya.

Selain itu, penguatan ekosistem industri kreatif Jatim khususnya di Malang juga akan diperkuat dengan adanya King’s College University London. Yang rencananya, bulan depan pihak kampus akan melakukan penandatangan.

“Dengan hadirnya King’s College University London maka ekosistemnya makin kuat. Dan pengembangan – pengembangannya harus terus berkelanjutan,” terangnya.

Ia menambahkan, selain akan ada King’s College London, Pemprov Jatim juga sudah presentasi untuk kerjasama investasi dengan Uni Emirat Arab. Salah satunya terkait program scholarship ke Universitas Mohammed Bin Zayed (MBZ) yang punya kekhususan expert di dunia kreatif khususnya Artificial Intelligence (AI).

“Kami sedang minta prioritas Jatim bisa dapat scholarship ke MBZ University untuk penguatan AI. Karena rasanya mustahil jika kita ingin menguatkan industri kreatif tanpa AI yang update,” tuturnya.

Seperti diketahui, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan PJ Bupati/Walikota ini terbagi dalam dua sesi dengan total 12 Pj. Yaitu 6 orang di sesi pertama dan 6 orang di sesi kedua.

Pada sesi pertama di hari yang sama, Khofifah melantik Masrukin sebagai Pj. Bupati Pamekasan, Arief Moelia Edie sebagai Pj. Bupati Bangkalan, Andriyanto sebagai Pj. Bupati Pasuruan, Ugas Irwanto sebagai Pj. Bupati Probolinggo, Bambang Soekwanto Pj. Bupati Bondowoso, dan Indah Wahyuni sebagai Pj. Bupati Lumajang. (ris/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
27o
Kurs