Rabu, 24 April 2024

Erdogan Kembali Terpilih Jadi Presiden Turki

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Recep Tayyip Erdogan Presiden Turki dan Ermine Erdogan istrinya melambaikan tangan kepada para pendukungnya setelah memenangkan Pilpres Turki putaran kedua, di Istana Kepresidenan di Ankara, Turki, Minggu (28/5/2023). Foto: Antara/ Reuters

Recep Tayyip Erdogan kembali terpilih sebagai presiden Turki pada putaran kedua Pemilu Presiden, pada Minggu (29/5/2023) waktu setempat.

Kemenangan ini menandakan berlanjutnya kembali masa pemerintahan Erdogan hingga 2028. Pemilu ini jadi yang ketiga kalinya dimenangkan Erdogan selama 20 tahun memerintah Turki.

Ahmet Yener Ketua Dewan Pemilu Turki (YSK) mengatakan Erdogan unggul dengan 52,14 persen perolehan suara, atas Kemal Kilicdaroglu pesaingnya yang memperoleh suara 47,86 persen pada pemilu presiden Turki putaran kedua.

Dalam laporan Antara, Senin (29/5/2023), Ahmad Yener menjelaskan hasil itu berdasarkan dari penghitungan total 99,43 persen suara.

Sementara Erdogan dalam pidatonya di Istanbul pada Minggu sore waktu setempat, mengatakan 85 juta warga Turki adalah pemenang pilpres tahun ini.

“Kami telah menyelesaikan putaran kedua pemilihan presiden dengan dukungan rakyat kami. Insyaallah kami akan layak atas kepercayaan Anda seperti yang telah kami lakukan selama 21 tahun terakhir,” tuturnya dikutip dari Al Jazeera.

Lebih dari 64,1 juta orang terdaftar sebagai pemilih, termasuk sekitar 1,92 juta orang yang berada di luar negeri yang sudah lebih dulu memberikan suaranya. Hampir 192.000 kotak suara dipersiapkan di seantero Turki.

Pada putaran pertama 14 Mei, tidak ada calon presiden yang menembus ambang batas 50 persen suara sehingga pilpres dilanjutkan ke putaran kedua, meski Erdogan mengantongi 49,52 persen suara.

Pada hari itu, Aliansi Rakyat pimpinan Erdogan juga menjadi pemenang kursi mayoritas parlemen. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs