Sabtu, 27 April 2024

Eri Cahyadi: Penerapan Pancasila Dapat Atasi Masalah Kemiskinan hingga Stunting

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya saat menerima cinderamata seusai memberi sambutan dalam acara sosialisasi pembinaan ideologi pancasila bertajuk "Pendidikan Karakter Mahasiswa Nasionalis dan Patriotik Generasi Z" di Untag, pada Minggu (7/5/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyatakan, penerapan pancasila dapat mengatasi berbagai permasalahan, mulai dari kemiskinan, pengangguran, angka kematian ibu dan bayi hingga stunting.

“Pancasila itu penuh dengan makna, pancasila itu ada artinya, dari sila pertama sampai dengan sila kelima,” ucapnya saat sosialisasi pembinaan ideologi pancasila bertajuk “Pendidikan Karakter Mahasiswa Nasionalis dan Patriotik Generasi Z” di Untag, pada Minggu (7/5/2023).

Dengan menerapkan pancasila, menurutnya nilai ketuhanan hingga kemanusiaan dapat terimplementasikan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

“Sehingga apapun yang terjadi itu pasti kehendak Tuhan, disebutkan lagi ada kemanusiaan yang adil dan beradab, maka kita diajarkan untuk sesama manusia berbuat adil, jadi manusia harus bisa bermanfaat kepada manusia yang lainnya,” ucapnya.

Begitu juga dengan persatuan Indonesia, menurutnya dapat terjaga ketika pancasila bukan hanya sebatas diucapkan.

“Cinta sama tanah airnya atau hubbul wathon minal iman, sampai gotong royong juga dapat diwujudkan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat khususnya mahasiswa untuk bersama-sama menjalankan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

“Saya minta teman-teman Untag untuk terus memahami ideologi ini dan menerapkannya,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa dirinya dalam memimpin Kota Surabaya juga turut mengamalkan pancasila, karena menurutnya dengan begitu permasalahan akan dapat teratasi dengan baik.

“Membangun Surabaya harus dengan ideologi pancasila, karena kalau begitu, pasti sudah menggunakan hati,” pungkasnya.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs