Minggu, 5 Mei 2024

Erupsi Setinggi 600 Meter Keluar dari Gunung Semeru ke Arah Utara

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
PVMBG merekam aktivitas erupsi berupa lontaran abu vulkanik setinggi 600 meter yang di luar kawah Gunung Semeru di Jawa Timur. Foto: Antara

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat ada erupsi berupa abu vulkanik setinggi lebih kurang 600 meter yang keluar dari kawah Gunung Semeru di Jawa Timur.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara,” kata Ahmad Basuki Petugas Pos Pemantauan Gunung Semeru sesuai dilansir dari Antara, Rabu (21/6/2023).

PVMBG merekam Gunung Semeru telah mengalami erupsi sebanyak dua kali dengan ketinggian dan arah yang sama pada pagi ini. Erupsi pertama terjadi pada pukul 07.47 WIB. Erupsi itu direkam oleh seismograf dengan amplitudo maksimum 22 milimeter dan durasi 100 detik.

Selisih 11 menit kemudian erupsi kedua muncul pada pukul 07.58 WIB. Alat seismograf merekam erupsi itu dengan amplitudo maksimum 22 milimeter dan durasi 105 detik.

PVMBG menyarankan agar masyarakat tidak beraktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer dari pusat erupsi.

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak beraktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena perluasan awan panas dan lahar berpotensi melanda hingga jarak 17 kilometer dari puncak.

PVMBG juga menghimbau agar masyarakat tidak beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu.

Masyarakat juga diminta untuk mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat, serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Gunung Semeru masih berstatus Siaga atau Level III. PVMBG mendata jumlah letusan yang terjadi di gunung api tersebut sebanyak 30 kali terhitung sejak 1 Januari hingga 21 Juni 2023. (ant/bnt/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs