Kamis, 2 Mei 2024

FK Unair Usulkan Penyeragaman Sistem Dua Jalur Pendidikan Dokter Spesialis

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Prof Dr. dr. Budi Santoso Dekan FK Unair, Selasa (12/9/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net Prof Dr. dr. Budi Santoso Dekan FK Unair, Selasa (12/9/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) akan ikut mengusulkan soal sistem seragam dua jalur pendidikan spesialis pascapengesahan Undang-Undang Kesehatan.

Prof Dr. dr. Budi Santoso Dekan FK Unair menyebut, usulan itu akan disampaikan dengan empat FK lainnya di Indonesia, besok, Rabu (13/9/2023) di Jakarta.

Usulan yang disampaikan, menyeragamkan sistem sebelum pelaksanaan dua jalur pendidikan spesialis kedokteran yaitu berbasis perguruan tinggi dan kolegium dilakukan di rumah sakit.

“Ini kita nanti harus memformulasikan dua (jalur) bisa berjalan, menjamin kualitas dua (jalur) ini mutunya sama. Harapannya masyarakat akan dapat pelayanan sama. Ini akan kami usulkan konsep bahwa pelaksanaannya harus satu kurikulum, satu kolegium, satu badan sertifikasi dan satu badan ujian kompetensi. Walau jalur berbeda maka akan menjamin bahwa hasilnya sama,” jelas Prof Bus sapaan akrabnya saat opening seremoni Dies Natalis FK Unair ke-110 sekaligus membuka diskusi panel soal proyeksi pendidikan kedokteran pascapengesahan UU Kesehatan, Selasa (12/9/2023).

Menurutnya ini perlu karena jalur berbasis universitas yang berlangsung selama ini juga sudah memberlakukan 95 persen praktik di rumah sakit.

“Tentu harus beriringan bahwa RS pendidikan utama (jalur kolegium di rumah sakit) boleh melaksanakan pendidikan spesialis dengan bekerjsasama dengan fakultas kedokteran, yang nanti kolegium base akan di tempat di daerah yang kekuranagn dokter spesialis,” tambahnya.

Konsep itu nantinya diharapkan jadi rancangan peraturan pemerintah dalam menerapkan UU Kesehatan itu.

“Diharapkan (dua jalur ini akan berjalan) Januri-Februari awal tahun depan. Tapi kami dari FK akan menyampaikan besok harus sepakat dlu. Mari kita diskusi duduk bersama untuk pendidikan kedokteran dan masyarakat agar kualitas lulusan memenuhi standar kompetensi minimal,” bebernya.

Pembahasan itu juga dibahas dalam diskusi panel soal proyeksi pendidikan kedokteran pascapengesahan UU Kesehatan yang digelar hari ini dalam rangka Dies Natalis FK Unair ke-69.

Diketahui,Menteri Kesehatan (Menkes) mengungkapkan, pemerintah akan menyiapkan dua jalur pendidikan dokter spesialis, yakni berbasis perguruan tinggi atau kolegium sebagai pengaplikasian UU Kesehatan. (lta/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs