Senin, 13 Mei 2024

Ganjar Sempatkan Kunjungi Kos Bung Karno Saat di Surabaya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah saat melakukan napak tilas kehidupan Soekarno (Bung Karno) Presiden Pertama RI di sela kunjungannya di Surabaya, Sabtu (18/2/2023). Foto: Antara/ Dokumentasi Tim Ganjar

Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah (Jateng) menyempatkan diri melakukan napak tilas kehidupan Soekarno (Bung Karno) Presiden Pertama RI  di sela kunjungannya di Surabaya, Sabtu (18/2/2023).

Ganjar mengunjungi rumah kelahiran Bung Karno di Jalan Pandean IV Nomor 40, sembari lari pagi, dilanjutkan ke Museum Hadjie Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto yang merupakan tempat kos sejumlah tokoh bangsa.

“Tadi melihat rumah kelahiran Bung Karno,” ujar mantan anggota DPR RI itu ditemui di lokasi.

Melansir laporan Antara, dalam kesempatan tersebut Ganjar sempat memasuki kamar kos Bung Karno yang letaknya berada di lantai dua.

Bung Karno menempati tempat kost itu pada tahun 1915 saat mengenyam pendidikan menengah di Hogere Burger School (HBS). Di kamar kos itu, Ganjar sempat merebahkan badan di salah satu ruang Bung Karno tidur.

Saat di rumah HOS Tjokroaminoto yang merupakan pemimpin organisasi Sarekat Islam (SI) sekaligus guru para tokoh-tokoh bangsa yang kos di kediamannya, Ganjar sempat melihat-lihat foto, barang-barang, hingga buku.

“Tjokroaminoto itu guru pendiri bangsa. Jadi ini guru para pendiri, mbahnya founding father karena melahirkan pejuang yang kos di sini dan kemudian mereka menjadi orang-orang ideologis,” kata Ganjar.

Sementara itu, Ganjar juga berharap generasi muda bangsa bisa mengunjungi Museum HOS Tjokroaminoto untuk melihat tempat tinggal pemimpin-pemimpin bangsa.

Ganjar juga berharap kerukunan para pendiri bangsa bisa diteladani seluruh masyarakat Indonesia.

“Jadi menurut saya luar biasa dan kemudian anak-anak kos di sini menjadi tokoh di bangsa ini. Kita mesti belajar dari kerukunan mereka yang satu kamar itu,” tuturnya.

Di sisi lain, dalam lawatannya ke Surabaya, Ganjar sekaligus menghadiri resepsi pernikahan Anjas Aryo Wijanarko adik kandung Ibu Negara Iriana Jokowi. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
31o
Kurs