Senin, 6 Mei 2024

Gempa Magnitudo 5,2 di Selatan Malang, Tak Berpotensi Tsunami

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi deteksi gempa.

Gempa bumi dilaporkan mengguncang wilayah Samudera Hindia Selatan Malang, Jawa Timur dengan magnitudo 5,2 pada, Sabtu (2/12/2023) siang sekitar pukul 12.37 WIB.

Data yang diterima suarasurabaya.net, episenter gempa terletak pada koordinat 10,05° LS ; 112,47° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 215 Km arah BaratDaya Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 47 km.

Daryono Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, gempa terasa di daerah Malang dan Lumajang dengan skala intensitas II MMI, atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI,” tulis Daryono dalam keterangan tertulisnya.

Gempa magnitudo 5,2 dengan koordinat 10,05° LS ; 112,47° BT di Samudera Hindia Selatan Malang, Jawa Timur, Sabtu (2/12/2023). Foto: BMKG

Dia menjelaskan, dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan kombinasi pergerakan naik (thrust).

“Hingga pukul 13.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” lanjutnya.

Daryono mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pungkasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
31o
Kurs