Kamis, 22 Februari 2024

Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Pacitan, Tidak Berpotensi Tsunami

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Gempa bumi dengan magnitudo 5,7 terjadi di barat daya Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Jatim) pada Minggu (23/7/2023) pukul 19.33 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa gempa berpusat di 84 kilometer barat daya Pacitan dengan kedalaman 32 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa di Pacitan ini dirasakan di Ponorogo, Bantul, Purworejo, Blitar, Klaten, Wonosobo, Banjarnegara, Magelang, hingga Kabupaten Malang.

BMKG menjelaskan bahwa gempa di Pacitan terjadi akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme geser naik,” kata Daryono Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG dalam keterangan resminya.

Daryono mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sementara itu, BMKG mencatat sejumlah ada gempa yang tidak berpotensi tsunami terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia pada hari ini.

Sebelum di Pacitan, gempa bumi dengan magnitudo 3,6 terjadi di 11 kilometer tenggara Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada pukul 18.20 WIB.

Kemudian, gempa dengan magnitudo 3,7 terjadi di 71 kilometer di barat laut Timor Tengah Utara di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pukul 15.38 WIB.

Selain itu, gempa bumi juga terjadi Kabupaten Tolitoli di Sulawesi Tengah, Tobelo, Halmahera Utara di Maluku Utara dan Jayapura di Papua. (saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Kamis, 22 Februari 2024
31o
Kurs