Selasa, 18 Juni 2024

Google Doodle Rayakan Ultah Dokter Perempuan Pelopor KB di Indonesia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Google Doodle yang menampilkan sosok Dr Julie Sulianti Saroso pada Rabu (10/5/2023). Foto: Tangkapan Layar

Google merayakan hari lahir Dr Julie Sulianti Saroso dengan menampilkan ilustrasinya di Google Doodle hari ini, Rabu (9/5/2023).

Ketika pengguna membuka laman Google, pengguna akan disapa dengan ilustrasi dokter perempuan yang sedang memeriksa seorang anak menggunakan stetoskopnya. Sementara, di latar belakang, dokter perempuan itu terlihat sedang meneliti sesuatu di mikroskopnya.

Dr Julie Sulianti Saroso adalah salah satu dokter perempuan pertama di Indonesia. Ia mendedikasikan hidupnya untuk membantu masyarakat rentan memiliki akses layanan kesehatan yang berkualitas.

Sulianti Saroso lahir pada 10 Mei 1917 di Karangasem, Bali. Ayahnya merupakan seorang dokter yang menjadi inspirasi Sulianti Saroso tertarik pada dunia kedokteran saat masih muda.

Ia mendapatkan gelar kedokteran setelah berhasil menyelesaikan pendidikannya di Geneeskundige Hoge School pada 1942. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan di Eropa dan Amerika Serikat, di mana dia mendapatkan gelar lanjutan di bidang kesehatan masyarakat.

Selain itu, Dr Saroso juga menerima beasiswa Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) untuk mempelajari sistem kesehatan ibu dan anak di seluruh Eropa. Ketika kembali ke Indonesia pada 1952, ia membantu membawa pendidikan KB dan keluarga berencana ke Tanah Air.

Tak lama setelah kembali, ia bergabung dengan Kementerian Kesehatan untuk memimpin program yang meningkatkan akses kesehatan bagi perempuan, anak-anak, dan penduduk desa.

Setelah perjalanan panjang dan karier yang sukses di bidang kesehatan masyarakat, Dr Saroso mulai mengajar di Universitas Airlangga (Unair) pada tahun 1969 dan membantu melatih generasi baru dokter dan petugas kesehatan.

Lalu, ia kemudian menjadi Presiden wanita kedua Majelis Kesehatan Dunia (World Health Assembly) dan bertugas di beberapa organisasi terkemuka, seperti Komite Pakar Kesehatan Ibu dan Anak WHO, Komisi Pembangunan Masyarakat PBB di Negara-Negara Afrika, dan Komisi Nasional Perempuan Indonesia.

“Selamat ulang tahun ke-106, Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso! Komitmen Anda yang tak tergoyahkan terhadap pemerataan layanan kesehatan mengubah arah kedokteran di Indonesia. Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso di Jakarta meneruskan warisan Anda,” tulis Google dalam keterangan resmi.(ihz/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 18 Juni 2024
28o
Kurs